Keindahan Pesona Sang Bintang Daun

Bromelia cukup terkenal di dunia, terutama bagi pencinta tanaman hias. Tanaman hias ini berasal dari daratan Amerika. Ada sekitar 3.200 jenis bromelia yang tersebar di beberapa negara benua Amerika. Pencinta tanaman memberikan julukan “bintang daun” bagi tanaman kerabat dekat ananas ini. Fisikal tumbuhan ini memiliki ciri khas tersendiri. Sosok tanamannya unik dan berwarna-warni. Keindahannya tidak mengenal musim atau dorman. Bunganya mampu bertahan 1-3 bulan. Tipe daunnya bervariasi, ada yang langsing memanjang, berdaun pendek, ada pula yang berduri, dan lain sebagainya.

Banyak lanscaper meletakkan bromelia di sudut-sudut perumahan, tepi jalan, atau sebagai point of interest dari sebuah taman. Hasilnya, sentuhan warna daun bromelia yang berwarna-warni menjadikan taman terlihat asri dan menyegarkan. Bromelia selalu cantik di mana pun, baik di pot, langsung ditanam di tanah, maupun ditanam di tiang kayu atau batang pohon.

Memelihara bromelia tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan mahal. Asal kita mengetahui serta menjaga keseimbangan media tanam yang dibutuhkan dan fisiologi bromelia, seperti suhu dan kelembaban, kebutuhan air, dan intensitas cahaya, kita sudah bisa mendapatkan tanaman bromelia yang ideal.  

Selain itu, mesti juga diketahui jenis-jenis hama dan penyakit yang menyerang. Sebab, ada beberapa jenis yang kerap menyerang bromelia, di antaranya belalang, kutu putih, tungau, kumbang, trips, siput, lipan, cacing, dan tikus. Juga adanya penyakit busuk pangkal batang, bercak daun, dan busuk akar. Hama dan penyakit ini berisiko terhadap tanaman, mulai dari rusaknya daun sampai mengakibatkan kematian.

Buku “Pesona Bromelia”  ini mengupas segala yang dibutuhkan dalam mengenal, menanam, merawat, dan mengembangbiakkan bromelia secara benar sehingga dihasilkan bromelia yang cantik dan sehat. Selain itu, dalam buku yang disusun oleh Redaksi AgroMedia ini, menampilkan lebih dari 200 varietes bromelia yang paling diminati.

Selamat bertanam hias!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.