Keistimewaan Itik dengan Sistem Intensif

Itik terkenal sebagai unggas petelur yang produktif. Maka tak heran jika prospek bisnis itik saat ini cukup menjanjikan. Permintaan telur maupun daging itik makin meningkat saja setiap tahunnya.

Pada dasarnya, pembudidayaan itik ini terbilang mudah. Umumnya, ada dua cara yang biasa dilakukan, yaitu sistem tradisional (gembalaan) dan sistem intensif (dikandangkan). Namun, untuk produktifitas yang tinggi, itik dengan sistem intesif lebih menguntungkan ketimbang sistem tradisional.

Produksi telur itik dengan sistem intensif bisa mencapai 80% setiap tahunnya. Maka dengan produksi yang maksimal, keuntungan yang diperoleh pun akan semakin tinggi. Produksi telur dari itik dengan sistem intensif inipun tidak tergantung pada musim atau cuaca. Hal inilah yang membuat produksi telur menjadi stabil.

Selain itu, beternak itik dengan sistem intensif lebih banyak menghemat air. Pasalnya, air yang diperlukan hanya sebatas untuk minum. Karena itu, usaha ini sangat cocok untuk usaha keluarga, karena tempat yang diperlukan tidak terlalu luas. Bayangkan saja, hanya dengan halaman seluas 5 x 10 m, Anda dapat menampung sekitar 200 ekor itik.

Modal yang diperlukan untuk memulai ternak itik dengan sistem intensif ini pun tidak terlalu besar, apalagi jika bibit awalnya dihasilkan sendiri. Jadi, walaupun biaya pakan yang dikeluarkan cukup banyak, itik juga memberi imbalan setimpal berupa telur setiap harinya.

Keistimewaan lain dari itik dengan sistem intensif ini adalah tidak diperlukannya pejantan, karena yang dihasilkan itik adalah telur konsumsi, bukan telur tetasan. Selain itu, masa rontok bulu itik dengan sistem intensif dapat dipersingkat dan berlangsung serentak.

Keistimewaan itik dengan sistem intensif ini ditulis oleh Redaksi AgroMedia Pustaka dalam buku Beternak Itik Hemat Air. Melalui buku tersebut, Anda yang akan memulai atau mengetahui lebih dalam mengenai bisnis itik, bisa mendapatkan berbagai informasi yang tepat dan akurat. Mulai dari manajemen pemeliharaan dan pemberian pakan, faktor-faktor yang menentukan kelayakan kandang, penyakit itik dan pengendaliannya, sampai prospek bisnis beternak itik petelur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.