Kunci Keberhasilan Budi Daya Lobster Air Tawar

jurus-sukses-budidaya-lobster

jurus-sukses-budidaya-lobsterTernyata, membudidayakan lobster air tawar tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Pasalnya, kini telah ditemukan berbagai teknik melalui tempaan pengalaman dan uji coba para pembudidaya lobster. Salah satunya ialah dari “Sang Maestro” lobster air tawar, Cuncun Setiawan yang telah lama berkecimpung dalam budi daya si udang besar ini.


Berbagai pengalaman dan teknik-tekniknya, ia tuangkan ke dalam buku “Jurus Sukses Budi Daya Lobster Air Tawar” terbitan AgroMedia Pustaka ini. Risiko kematian udang bisa ditekan sekecil mungkin hingga udang bisa dipanen dan siap dipasarkan.

Yang lebih menarik lagi, pertumbuhannya bisa dipompa sehingga udang cepat besar dalam waktu yang relatif singkat. Pemicunya didasarkan kepada sistem pergantian oksigen. Pasalnya, keberasaan oksigen terlarut yang tinggi di dalam air sangat menentukan cepat-lambatnya pertumbuhan lobster.

Selama ini, pemberian gelembung udara sebagai upaya menambahkan oksigen ke dalam air hanya menggunakan teknik sederhana, yakni gelembung keluar dari dasar kolam yang berasal dari slang atau pipa yang dilubangi, kemudian didorong oleh angin dari aerator. Gelembung yang masuk ke dalam air tersebut merupakan perpaduan antara udara dan air.

Kini ada sistem pemberian oksigen yang dinamakan air lift (pengangkatan udara). Oksigen yang dihasilkan dari teknik ini bakal lebih besar daripada teknik biasa. Dengan teknik ini, gelembung udara dari dasar air dapat memompa air yang berada di dasar kolam naik ke atas permukaan kolam. Dengan demikian, air di dasar kolam akan diputar dengan air yang berada di permukaan kolam yang kaya oksigen.

Selain itu, diukur juga melalui pergantian kulit. Setiap pergantian, akan bertambah 50% lebih besar dari ukuran kulit sebelumnya. Maka, otomatis pertumbuhan dagingnya juga akan bertambah besar. Pergantian kulit ini dipicu juga oleh perubahan air. Oleh sebab itu, pengaturan air harus benar-benar sempurna.

Nah, buku ini akan memandu Anda membuat sirkulasi air di dalam kolam berjalan sempurna dalam memicu pertumbuhan udang lobster. Buku ini, juga memaparkan beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilan budi daya lobster air tawar, seperti pengenalan lobster, perlengkapan komponen budi daya, pembenihan, pemberian pakan, teknik kawin massal, teknik kolam karpet, teknik kolam plastik, dan pemanenan.

Untuk Anda yang belum mengetahui simulasi usaha budi daya lobster air tawar, buku ini memberikan contoh analisis usaha dengan perincian biaya hingga keuntungannya. Ditambah dengan bonus VCD, buku ini menjadi kemudahan bagi Anda dalam mengelola dan mengembangkan usaha budi daya lobster hingga mencapai kesuksesan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.