Langkah Tepat Membangun Peternakan Ayam Kampung Pedaging

107-solusi-ayam-kampung

107-solusi-ayam-kampung

Salah satu hal penting yang pertama dipersiapkan dalam membangun usaha peternakan ialah membangun kandang yang baik dan benar di lokasi yang tepat. Kandang merupakan bagian dari aspek penting yang menjamin keberhasilan usaha peternakan ayam kampung pedaging. Umumnya, jenis kandang yang banyak digunakan peternak berupa kandang postal dan kandang panggung. Pertanyaannya, manakah yang lebih baik, apakah kandang postal atau kandang panggung?

 

Pilihan utama dalam membangun kandang untuk ayam adalah kandang postal karena biaya pembuatannya lebih ekonomis dibandingkan dengan membuat kandang panggung. Mendirikan kandang panggung bisa dipilih jika kondisi lahan yang ada kurang memungkinkan untuk membuat kandang postal. Misalnya, karena lahannya tidak rata (miring) atau tergenang air saat hujan.

Dinding atau ruang kandang harus dapat menerima sinar matahari dan menunjang kelancaran sirkulasi udara. Idealnya, ketinggian tembok kandang sekitar 40 cm. Sisanya, pada bagian atas diberi reng bambu atau kawat. Selain itu, bagian teras kandang juga dibuat lebih lebar sekitar 80 cm agar air hujan tidak tampias ke dalam kandang. Jika kandang lebih dari satu, jarak antarkandang postal satu kali lebar kandang ditambah dua kali lebar atap samping 80 cm. Jarak ideal antarkandang sekitar 5.6 meter diukur dari tiang kandang.

Lantai kandang sebaiknya terbuat dari semen agar lebih mudah dibersihkan. Namun, harus tetap dialasi sekam atau serutan kayu agar kotoran dan air yang tumpah selama pemeliharaan bisa terserap. Kondisi kandang yang basah bisa menimbulkan penyakit bagi ayam. Ketebalan alas sekitar 4 cm agar kaki ayam tidak mudah terluka ketika mengais-ngais lantai kandang. Sedangkan konstuksi atap yang lebih baik ialah atap genting atau rumbia. Selain bisa menahan panas, juga bisa menjaga kestabilan suhu dalam kandang. Namun, bisa juga menggunakan asbes atau seng dengan pengaturan yang tepat, seperti ketinggiannya dan tidak terdapat pohon di atasnya.

Banyak pertanyaan lainnya dalam hal beternak ayam kampung pedaging. Pertanyaan ini di antaranya meliputi persiapan, modal, perizinan, pemeliharaan, pemberian pakan, vaksinasi, pengendalian hama dan penyakit, serta pemanenan. Nah, buku 107 Solusi Jitu Beternak Ayam Kampung Pedaging terbitan AgroMedia Pustaka ini akan menjawab berbagai pertanyaan yang sering diajukan oleh peternak ayam kampung pedaging.

Buku ini ditulis oleh Ir. Bambang Krista & Bagus Harianto dengan metode tanya jawab sehingga lebih enak dicerna oleh pembaca. Mulai dari materi persiapan beternak hingga pemeliharaan harian dipaparkan dalam buku ini. Termasuk bab khusus mengenai vaksinasi karena merupakan salah satu manajemen peternakan ayam kampung pedaging yang sangat penting dan harus dilaksanakan secara tepat dan benar untuk mencegah serangan penyakit.

Tidak ketinggalan, dibahas pula berbagai pertanyaan mengenai pengendalian hama dan penyakit. Bahasan mengenai panen dan pemasaran juga dipaparkan secara lengkap dan mudah dipahami. Buku ini bisa membantu Anda untuk menemukan berbagai langkah tepat dalam membangun peternakan ayam kampung pedaging dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.