Lima Tanaman Buah Populer Cocok dengan Teknik Tabulampot

Pemilihan jenis bibit yang sesuai dengan kondisi lingkungan adalah salah satu kunci sukses menghasilkan tanaman buah dalam pot (Tabulampot). Dari sekian banyak tanaman buah yang cocok untuk ditanam di dalam pot, terdapat lima buah yang paling populer dimanfaatkan untuk Tabulampot. Berikut nama-nama dari lima buah tersebut.

Jaboticaba

Jaboticaba tergolong tanaman populer untuk tabulambot. Buah ini dimanfaatkan untuk membuat jeli, jus, selai, dan minuman anggur. Konsumsi buah ini dipercaya dapat mengobati asma dan batuk.

Perlu waktu sekitar empat bulan untuk menumbuhkan buah Jaboticaba. Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh, dan Buah ini ditumbuhkan dengan teknik pembuahan Jaboticaba memakai teknik vegetatif.

Jambu Madu Deli

Dalam bahas latin bernama syzyglum aqueum. Jambu Madu Deli termasuk yang mudah berbuah. Cocok bagi pemula yang ingin menanam dalam media tabulampot. Warna Jambu Madu Deli, hijau dan memiliki bentuk buah yang besar. Dalam kurun waktu dua bulan, Jambu Madu Deli ini sudah bisa berbuah. Kandungan air di dalam buah banyak memberikan manfaat untuk mencegah dehidrasi bagi pengonsumsinya.

Tip untuk teknik membuahkan, lakukan stres air dengan tidak menyiram selama 5—7 hari, jangan lupa untuk memangkas daun bagian bawah cabang utama. Setelah itu, siram menggunakan pupuk yang mengandung unsur P dan K dengan dosis 3 gram/liter air.

 

Mangga Kiojay

Bentuk buahnya besar. Manfaatnya bagus untuk dikonsumsi karena mengandung serat dan vitamin C. Sekitar enam bulan bunga akan mekar. Tanaman buah ini cocok dibudidayakan di lingkungan yang panas.

Untuk membungakan hingga terbentuk, pentil buah lakukan stres air selama 5 -7 hari. Setelah itu, beri pupuk P dan K sebanyak 5 gram per liter air dengan interval 2 minggu sekali.

 

Jambu Air Bajang Leang

Buah ini berasal dari Thailand. Memiliki bentuk yang besar. Warna buahnya campuran warna merah. Rasa buah ini manis, Buah ini cocok untuk diet. Sebab, Jambu Air Bajang Leang, mengandung banyak air dan serat.

Teknik pembuahan bisa dilakukan dengan stres air selama 5—7 hari. Setelah itu, beri pupuk yang mengandung unsur P dan K dengan dosis 5 gram/liter air.

Perlu waktu dua bulan tanaman ini untuk berbunga. Dan mulai berbuah setelah berumur satu tahun.

 

Tin Merah

Kandungan omega 3,6, fenol, dan magnesium dapat menurunkan tekanan darah dan menghambat serangan jantung. Ketika zat tersebut terdapat dalam buah Tin Merah. Buah Tin Merah tergolong mudah berbuah dengan teknik tabulampot.

Dari bentuk daunnya daun menjari lima. Batangnya beruas seperti tanaman singkong. Tanaman ini tumbuh di lingkungan yang panas, penuh sinar matahari.

Untuk teknik membuahkan lakukan pemangkasan untuk merangsang cabang produktif dan bakal buah. Lakukan pemupukan dengan unsur utama P dan K setiap satu bulan dengan dosis rendah.

Selain lima buah tabulambot di atas, kelengkeng, mangga, alpukat, dan jeruk termasuk jenis tanaman buah yang banyak dipelihara karena alasan cepat tumbuh buahnya.

 

BACA JUGA: Teknik Praktis Agar Tabulampot Cepat Berbuah

 

Bagi pemula yang ingin berkebun buah dalam pot, buku berjudul Membuahkan 44 Tanaman Buah Dalam Pot yang terbitkan Agromedia ini bisa menjadi referensi penting dalam mempraktikkan teknik tabulampot. Selain mengenalkan tren jenis tabulampot, cara mengatasi hama, buku yang disusun oleh Herfin Sasono dan Nofiandi Riawan ini memberikan tip agar tanaman mudah dan cepat berbuah, serta teknik memanen buah.

Lahan tanam yang sempit tidak menjadi permasalahan dengan teknik Tabulampot. Nampaknya, perlu dicoba bagi yang baru memulai berkebun. Cukup di sekitar teras atau di sekeliling rumah. Aktivitas berkebun itu sendiri cukup menyehatkan. Selain itu, aktivitas ini juga dapat memberikan dampak yang bermanfaat bagi tubuh jika tanaman berhasil berbuah dan dikonsumsi untuk keluarga dan tetangga.

 

membuahkan 44 Tanaman Buah dalam POT

 

Foto dari cover buku Membuahkan 44 Tanaman Buah Dalam Pot.

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan