Mahasiswa Unsur Menimba Ilmu Penerbitan di AgroMedia

silat-unsur1

 silat-unsur1AgroMedia kedatangan tamu dari Fakultas Pertanian, Universitas Suryakencana (Unsur), Cianjur, Kamis (31/5) kemarin.  Dengan sukacita, kami menyambutnya sekalipun dengan kondisi hujan yang cukup lebat. Rombongan mahasiswa berjaket kuning ini bermaksud untuk menimba ilmu penerbitan dari Kelompok AgroMedia, terutama mengenai buku-buku pertanian.

Dalam suasana keakraban yang sengaja dibentuk oleh Redaksi AgroMedia, beberapa materi presentasi disampaikan penuh kehangatan. Pada sesi pengenalan dunia penerbitan, disampaikan oleh Yunita Indah S.Gz., editor AgroMedia Pustaka. Sesekali diselingi canda tawa untuk mencairkan suasana. Secara bertahap, melalui slide proyektor, Indah menjelaskan tentang mekanisme penerbitan, mulai dari seleksi naskah, editing, setting, pencetakan,hingga distribusi dan promosi.

Sedangkan di sesi selanjutnya dikupas tentang prospek buku-buku pertanian, baik dalam segi bisnis maupun kecenderungan masyarakat terhadap media baca buku. Purwadaksi Rahmat, yang juga dari editor AgroMedia Pustaka menyuguhkan tentang konsep buku yang bisa diterima pasar dengan baik, yang dimulai dari seberapa besar kontribusi buku-buku pertanian terhadap masyarakat, bidikan konsumen yang tepat, serapan pasar buku-buku pertanian, hingga konsep penyajian buku evergreen.

Selain itu, prospek buku-buku pertanian masih terbuka lebar sehingga menjadi peluang yang bisa dilirik untuk terjun ke dunia penerbitan. Pasalnya, buku-buku pertanian masih banyak diminati masyarakat Indonesia. Sekalipun tidak menjadi pebisnis di bidang perbukuan ini, ia juga menekankan bahwa menjadi penulis pun bisa mendulang kesuksesan. Hanya saja, tentu harus melalui pembelajaran agar bisa memahami tentang penulisan yang baik sehingga bisa menyajikan buku-buku yang menjawab tren kebutuhan dan kompetensi.

Pada setiap sesi, diberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya mengenai topik-topik terkait. Sebaliknya, AgroMedia juga memberikan beberapa pertanyaan untuk memberikan reward kepada peserta yang benar-benar menyimak presentasi dengan kemampuannya menjawab pertanyaan yang diberikan. AgroMedia menyediakan souvenir bagi setiap peserta yang mampu menjawab atau menjelaskan pertanyaan panitia.

Tidak kalah menariknya, direktur AgroMedia Pustaka, Hikmat Kurnia berkesempatan memberikan wejangan seputar entrepreneurship sebagai pembekalan bagi peserta untuk menjemput masa depannya dengan berbekal lima hal, yaitu dream, concept, competency, connection, dan capital. Kelima teori ini disempurnakan juga dengan commitment, consistent, dan development.

Dengan ditutup doa, Alhamdulillah acara berakhir  sore menjelang maghrib. Para tamu dari Unsur ini menyempatkan diri berfoto bersama di depan gedung Sasana Budaya kantor AgroMedia (Sabuntong). Kami berharap, semoga silaturahmi dan seminar sederhana ini bisa memberi manfaat bagi kedua belah pihak dan bisa bersinergi dalam membangun kontribusi ilmu-ilmu pertanian.

 silat-unsur2  silat-unsur3
 silat-unsur4  silat-unsur5
 silat-unsur6  silat-unsur7
 silat-unsur8  silat-unsur9

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.