Membuat Sendiri Obat Ramuan Tunggal Sirih Merah

sirih-merah-ramuan

sirih-merah-ramuanSirih merah telah terbukti memiliki khasiat yang sangat kuat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Banyak pasien yang telah merasakan khasiat obat sirih merah ini, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Selain membeli, sebenarnya Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Ramuan obat sirih bisa dibuat secara tunggal dan dicampur dengan ramuan lainnya. Berikut ini kami berikan beberapa resep tunggal dari daun sirih merah.

a. Rebusan Daun Sirih Merah
Petik 4—6 lembar daun sirih merah dari tanaman berumur 4—5 bulan yang segar, warna merahnya cerah, serta bentuknya lebar dan tebal. Cuci bersih sirih merah menggunakan air mengalir secara berulang. Selanjutnya, iris daun sirih merah berukuran kecil-kecil dan rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) hingga mendidih dan tersisa satu setengah gelas. Minum ramuan ini 2—3 kali, sekali minum setengah gelas. Bagi penderita penyakit berat dianjurkan meminum ramuan ini selama dua minggu berturut-turut.

b. Teh Celup Daun Sirih Merah
sirih-merah-tehCuci daun sirih merah yang cukup tua hingga bersih, lalu iris kecil-kecil. Jemur sampai kering, lalu remas-remas dengan tangan sampai hancur (menjadi bubuk kasar). Agar rasanya lebih segar, bisa ditambahkan teh hijau, mint, atau bunga melati kering. Selanjutnya, masukkan bubuk daun tersebut ke dalam kantong teh celup. Pemakaiannya sama dengan teh celup pada umumnya, yakni diseduh dan diminum selagi hangat.

c. Daun Sirih Merah Instan
Rebus daun sirih merah kering sebanyak 50 gram dengan air tiga gelas sampai mendidih. Tambahkan 200 gram gula putih dan 5 sendok makan air jeruk nipis ke dalam air rebusan. Lanjutkan perebusan atau pemanasan sambil menaikkan suhunya menjadi 150° C hingga semua bahan mengkristal. Diamkan kristal daun sirih merah hingga dingin. Setelah dingin, haluskan menggunakan blender. Simpan di dalam toples kaca atau plastik dan tutup rapat. Ramuan instan ini siap dikonsumsi dengan dosis 2—3 sendok teh diseduh dengan air mendidih 200 ml.

e. Sirih Merah untuk Obat Kumur
Daun sirih merah yang digunakan adalah yang masih segar sebanyak 5 lembar. Cuci daun sirih hingga bersih, lalu rebus dengan air dua gelas (400 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Dinginkan air rebusannya, lalu gunakan sebagai obat kumur tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari. Ramuan ini sangat baik untuk mengobati gusi berdarah, gigi berlubang, sariawan, radang pada tenggorok, dan bau mulut.
sirih-merah-batuk
g. Sirih Merah untuk Sirup (Obat Batuk atau Penambah Nafsu Makan)
Ambil daun sirih merah yang tidak terlalu tua sebanyak 10 lembar, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Rendam daun sirih tersebut di dalam alkohol 70% selama 30 menit agar bakterinya mati. Tambahkan gula putih sebanyak 100 gram, lalu rebus dengan air empat gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Saring, lalu dinginkan. Tuangkan hasil saringan tersebut ke dalam botol yang bersih dan steril. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari. Sekali minum satu sendok makan.

Untuk ramuan lainnya, baik secara tunggal maupun campuran dengan bahan lainnya bisa Anda temukan di dalam buku “Basmi Penyakit Dengan Sirih Merah”, AgroMedia Pustaka, 2010. Buku karya Bambang Sudewo ini memberikan pengenalan dahsyatnya khasiat sirih merah dalam mengobati berbagai penyakit. Di dalamnya, dilengkapi pula dengan cara penanaman dan teknik pembuatan obat dengan sirih merah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.