Mempercepat Panen Ayam Broiler dengan Probiotik dan Herbal

28haripanenayambroiler

28haripanenayambroilerAyam broiler merupakan satu-satunya konsumsi daging unggas terbesar di Indonesia. Dari tahun ke tahun permintaan pasar juga semakin meningkat. Selain rasanya yang lezat dan digemari masyarakat, ayam broiler paling mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau berbagai kalangan masyarakat.

Seiring berkembangnya pemahaman kesehatan masyarakat, pola konsumsi masyarakat mengalami pergeseran untuk mendapatkan daging yang sehat dan berkualitas, bebas dari bahan kimia. Kesadaran ini memicu para peternak untuk mengembangkan peternakan ayam broiler organik dengan probiotik dan herbal.

Terdapat banyak keuntungan yang dapat dirasakan peternak dalam beternak ayam organik. Keuntungan yang diproleh bukan dari harga jual ayam sebagai produk akhir, melainkan dari peningkatan performa pemeliharaan atau Indeks Prestasi (IP) kandang. Melalui peningkatan IP kandang ini, otomatis keuntungan juga meningkat.

Melalui sistem ini, panen ayam broiler bisa lebih cepat karena mengggunakan sistem peningkatan bobot badan ayam, penurunan angka feed convertion Ratio sehingga jumlah pakan yang dibutuhkan selama pemeliharaan menurun. Selain itu, kematian dan apkir ayam juga bisa diminimalisir.

Keuntungan lain dari beternak broiler organik adalah terjaganya lingkungan kandang, tanah, dan air di area peternakan. Ini adalah keuntungan jangka panjang dari pemeliharaan broiler organik untuk menciptakan kesehatan bagi masyarakat. Sedangkan dari sisi kekuatan, ayam broiler organik memiliki daya simpan yang lebih lama dan tidak berbau amis. Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Buku 28 Hari Panen Ayam Broiler ini mengajak Anda menerapkan sistem organik pada peternakan ayam broiler dengan probiotik dan herbal. Penulisnya, Christopher Emille Jayanata & Bagus Harianto memberikan arahan-arahan yang praktis dan mudah dipahami oleh kalangan awam sekalipun sehingga mudah diaplikasikan di setiap peternakan.

Di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini dibahas secara bertahap mulai dari prospek bisnis ayam broiler organik, pengenalan seputar ayam broiler organik, persiapan membuka peternakan, seperti lokasi, perizinan, kandang serta perlengkapannya, fasilitas pendukung, pakan, probiotik dan herbal, serta memilih DOC berkualitas.

Kemudian dilanjutkan dengan sistem pembesaran broiler organik dengan persiapan menjelang DOC tiba, pemeliharaan DOC, dan pada pembesaran. Tidak lupa, pengendalian hama dan penyakit juga disertakan. Dan, tentu saja menggunakan obat-obatan organik yang terbebas dari zat-zat kimia.  Sampai akhirnya, petunjuk-petunjuk pada masa panen, pascapanen, dan pemasaran.

Bagi Anda yang masih kebingunan menghitung simulasi biaya peternakan ayam broiler organik ini, penulis juga melengkapinya dengan analisis usaha sehingga Anda bisa menghitung dan mempersiapkan kecukupan biaya dengan matang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.