Memulai Bisnis Tokek

Nama : Kukun Hidayat
Email : datakuns@ymail.com
Pertanyaan:


Tulis Konsultasi

1. Bagaimana caranya untuk memulai bisnis budi daya & beternak tokek?
2. Peralatan apa saja yang harus disediakan?
3. Modal awal kira-kira berapa?

Jawaban:
Terima kasih sebelumnya telah bertanya mengenai cara budi daya dan bisnis tokek.

Untuk memulai bisnis tokek, sebenarnya tidak perlu modal yang besar, cukup dengan membuat kandang persegi empat dari bahan kayu dan kawat kasa. Untuk tokeknya sendiri bisa dibeli dari pemilik anakan tokek, yang kami tahu banyak terdapat di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan harga berkisar Rp 2.000 – Rp 15.000 dengan berat 0.5–1 ons.
Kalau pengalaman kami, biasanya kami mencari ke daerah sekitar perumahan atau perkampungan di sekitar tempat tinggal. Caranya, bisa dengan meminta jasa pemuda setempat untuk mencarinya dan nanti kita memberi imbalan terhadap banyaknya tokek yang diperoleh. Selain itu, bisa juga kita mencarinya sendiri. Dari situ kita sudah bisa memulai budi daya atau membesarkan tokek hingga layak dijual dengan harga tinggi. yakni dengan berat 2.5–3 ons.

Untuk pakannya, tokek lebih menyukai pakan hidup dibandingkan dengan pakan mati. Contoh, pakan yang disukai tokek adalah jangkrik, kroto, ulat hongkong, dan katak hijau. Semua pakan tersebut mudah diperoleh di penjual burung atau ikan hias. Tentu jika Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa mencarinya sendiri tanpa membeli.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Salam kami

Ir. Agus Broto Susilo & Purwadaksi R

http://www.agromedia.net/Bisnis/Dahsyatnya-Bisnis-Tokek/Detailed-product-flyer.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.