Mengenal Urban Farming Ala Indonesia Berkebun

deta-indonesia-berkebun-dlm

Apakah ada lahan tidur di lingkungan sekitar Anda? Sebaiknya jangan disia-siakan! Pasalnya, dari lahan tidur ini Anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaat positif. Salah satunya ketahanan pangan melalui konsep urban farming. Benarkah?

deta-indonesia-berkebun-dlm

Apakah ada lahan tidur di lingkungan sekitar Anda? Sebaiknya jangan disia-siakan! Pasalnya, dari lahan tidur ini Anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaat positif. Salah satunya ketahanan pangan melalui konsep urban farming. Benarkah?

Hal inilah yang dilakukan oleh sekelompok orang yang menamakan diri mereka Indonesia Berkebun—sebuah komunitas yang awalnya bergerak di media sosial, seperti twitter dan facebook. Komunitas ini berdiri sejak tahun 2011 dengan tujuan menyebarkan semangat positif kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, terutama wilayah perkotaan melalui semangat urban farming.

Bukan hanya peduli lingkungan, komunitas ini juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjalani gaya hidup yang sehat dengan prinsip back to nature dan grow your own food, yaitu menanam tanaman yang bisa dikonsumsi—baik di pekarangan rumah maupun lahan-lahan sekitar yang tidak termanfaatkan.

Seperti yang diungkapkan Ridwan Kamil—salah seorang inisiator Indonesia Berkebun—dalam buku Urban Farming Ala Indonesia Berkebun, gagasan urban farming dari Indonesia Berkebun didasari oleh tiga nilai utama.

Pertama, nilai ekologi yang dapat menghijaukan ruang-ruang negatif yang tidak terpakai. Kedua, nilai ekonomi yang harapannya urban farming dapat menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan dan sustainable seperti di Negara Kuba. Ketiga, sisi edukasi dan interaksi sosial. Harapannya, adanya jejaring di berbagai kota agar kekuatan urban farming lahir dari gagasan dan inisiatif masyarakat di kota mereka sendiri.

Benar saja. Semangat dan keinginan yang besar untuk menjalani prinsip back to nature dan grow your own food, menyebar secara cepat di berbagai daerah. Jakarta dan Bandung merupakan dua kota pertama yang menjadi “basis” Indonesia Berkebun. Kini, sudah berkembang menjadi 33 kota dan 9 kampus yang telah menjadi jejaring Indonesia Berkebun.

Melalui gerakan positif ini, Indonesia Berkebun sukses menyabet berbagai penghargaan, seperti Web Heroes 2011 dari Google Asia Pasific, Inspiring Movement for Environment 2013 dari Nutrifood, Finalist Ashoka Changemakers 2013, World Summit Youth Award 2014 kategori “Go Green” dan apresiasi-apresiasi lainnya.

Tidak hanya itu, melalu Indonesia Berkebun kita juga akan menyadari bahwa “saving environment can be fun”.


urban-farming-ala-indonesia-berkebunUrban Farming Ala Indonesia Berkebun berisi kisah-kisah inspiratif gerakan komunitas urban farming Indonesia Bekerbun & jejaringnya di seluruh Indonesia. Dilengkapi juga dengan tip dan trik berkebun untuk pemula di pekarang dan lahan terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.