Menjemput Sukses Bisnis Nata de Coco

Produk nata semakin dikenal dan disukai masyarakat. Lezat dan segarnya nata bisa dinikmati oleh semua golongan ekonomi karena harganya ekonomis. Maka, besarnya konsumen tentu peluang bisnisnya semakin besar pula.

Pada awal kemunculannya, nata hanya dibuat dari air kelapa. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, bahan baku membuat nata semakin beragam. Sekarang nata bisa dibuat dari whey tahu, buah semu jambu mete, pulp kakao, lidah buaya, atau kulit nanas. Komponen yang berperan membentuk nata dari bahan baku tersebut adalah gula, asam organik, dan mineral yang diubah menjadi selulosa sintetik oleh Acetobacter xylinum.

Banyak industri, seperti industri pengolahan makanan dan minuman, restoran, hotel, dan katering, yang membutuhkan nata dalam jumlah banyak. Nata yang diambil oleh industri industri ini biasanya harus memenuhi kualitas tertentu, sesuai dengan yang didinginkan. Industri ini memanfaatkan nata untuk membuat berbagai jenis makanan dan minuman.

Adapun dari aspek gizi, kandungan serat dalam nata cukup tinggi, yaitu 25 gr/100 gr bahan. Serat yang terkandung di dalam nata sangat berguna untuk menunjang kesehatan, terutama sistem pencernaan. Mengurangi risiko munculnya penyakit kolesterol, jantung koroner, hipertensi, dan stroke.

Nata sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Penyajian nata biasanya dicampur dengan sirup manis atau agar-agar. Selain itu, nata juga dapat diolah menjadi manisan dan makanan penutup (dessert).

Bagi pengusaha nata, baik pemula ataupun yang sudah lama, banyaknya permintaan konsumen terhadap produk nata merupakan berkah dan prospek. Keuntungannya bisa lebih besar. Selain itu, produksi yang dihasilkan belum memenuhi kebutuhan masyarakat.

Prospek ekspor nata masih terbuka lebar. Terutama apabila kita mampu bersaing memasuki pasar ekspor ke Jepang, sebagai negara pengimpor nata terbesar. Penggunaan nata di Jepang sebanyak 80% adalah untuk industri elektronik. Tentu nilai konsumsinya bertambah, sebab tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan.

Nah, peluang ini bisa Anda jemput dengan cerdas.  Hanya tinggal kemauan, Anda sudah bisa membuat produksi nata sendiri. Pasalanya, caranya mudah dan biayanya pun tidak mahal.

Tidak percaya? Silakan baca bukunya, Inspirasi Usaha Membuat Nata yang ditulis Warisno, S.PKP. dan Kres Dahana, SP. Anda akan menemukan penjelasan mudah, praktis, dan jelas seputar informasi yang dibutuhkan tentang nata.

Di dalam buku yang diterbitkan AgroMedia pustaka ini, diuraikan pembuatan aneka nata, seperti nata de coco, nata de soya, nata de cacao, nata de cashew, dan nata de aloevera. Semua disajikan praktis dan lengkap, mulai dari bahan dan peralatan yang digunakan, pembuatan starter, pembuatan nata, dan pemanenan nata. Tidak ketinggalan, dibahas pula tentang pascapanen nata, analisis usaha, dan kiat-kiat pemasarannya.

Selamat mencoba. Semoga Anda sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.