Menuai Untung Bertanam Sayuran dengan Teknologi EMP

Meningkatkan_Hasil_Panen_Sayuran_dg_Teknologi_EMP

Meningkatkan_Hasil_Panen_Sayuran_dg_Teknologi_EMPJika Anda seorang petani, pasti sudah memahami bahwa pertanian sedang menghadapi dilema. Dilema ini bermuara pada kebutuhan pupuk yang semakin tinggi. Karena itu, petani memilih beralih ke pupuk organik yang bisa mereka dapatkan dengan harga yang lebih murah. Namun kekurangannya, hasil pertanian jadi berkurang daripada menggunakan pupuk konvensional (kimiawi).

Adapun pupuk konvensional, memiliki dampak pengurangan kualitas kesuburan tanah. Selain itu, ada juga dampak yang merugikan kesehatan konsumen. Pasalnya, pupuk dan bahan-bahan kimiawi lainnya memiliki residu yang bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit.

Oleh sebab itu, diperlukan terobosan baru dalam dunia pertanian untuk mencari jalan tengah dari dilema di atas. Artinya, dengan harga terjangkau dan tidak memiliki dampak merugikan kesehatan, mampu meningkatkan hasil produksi sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar yang semakin tinggi, dan mempertahankan keseimbangan kondisi biologi, kimia, dan fisik tanah.

Nah, kini telah hadir teknologi efective microorganism procedure (EMP) untuk menjawab tantangan di atas. EMP merupakan konsep ekologis yang bisa diterapkan dalam praktik usaha pertanian dengan biaya produksi yang lebih murah. EMP merupakan suatu teknologi aplikasi inokulan mikroogranisme dalam proses produksi pertanian.

Teknologi EMP memiliki banyak keunggulan. EMP mampu menekan penggunaan pupuk kimia hingga 35% dan pupuk kandang hingga 50%, meningkatkan produksi hingga 20%, meningkatkan pendapatan petani hingga 20%, menekan pertumbuhan gulma, menekan dampak negatif residu pestisida, dan mengembalikan kesuburan tanah, meliputi aspek biologi, kimia, dan fisik tanah.

Perhatikan tabel perbandingan penggunaan pupuk dalam proses bertanam cabai keriting menggunakan teknologi EMP dan konvensional pada luasan lahan 1.000 m².

Jenis Pupuk

Harga per Satuan (RP)

Metode Umum

Teknologi EMP

Volume (Kg)

Jumlah (Rp)

Volume (Kg)

Jumlah (Rp)

Bokashi

300

1.000

300.000

500

150.000

Urea

1.400

45

63.000

30

42.000

ZA

1.200

30

36.000

20

24.000

SP-36

1.900

45

85.500

30

57.000

KCI

1.800

30

54.000

20

36.000

Agrobost

70.000

0

0

0.6 liter

42.000

Jumlah Total

538.500

351.000

Efisiensi

34.8%

Bagaimana aplikasi EMP ini? Apa saja yang dibutuhkan untuk menerapkan EMP? Buku “Meningkatkan Hasil Panen Sayuran dengan Teknologi EMP” ini akan memandu Anda step by step dalam menerapkan teknologi EMP dalam usaha pertanian Anda. Buku yang ditulis Ir. Wahyudi ini memaparkan cara bertanam 9 jenis sayuran dengan teknologi EMP, yaitu buncis, cabai, kacang panjang, mentimun, oyong, paria, terung, tomat, dan zukini.

Buku terbitan AgroMedia Pustaka ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan buku-buku sejenis. Buku ini ditulis oleh seorang praktisi hortikultura, sekaligus konsultan dan trainer hortikultura sehingga isinya bukan sekadar teori atau kajian literatur, tapi hasil pengalaman terapan penulis selama lebih dari 20 tahun.

Hasil kajian terapan mutakhir dengan teknologi EMP yang merujuk kepada konsep pertanian ekologis yang lebih efisien. Dengan pemaparan bahasa yang sederhana, menjadi buku ini mudah dipahami oleh pembaca awam sekalipun. Selain itu, dilengkapi pula dengan ilustrasi dan foto sehingga Anda bisa melihat bentuk bahan dan meteri yang sedang dibahas secara visual.

Selamat mencoba…!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.