Nikmatnya Lumpia Belut

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata belut? Licin atau mungkin geli? Jangan salah, belut memang hewan yang licin dan menggelikan kalau kita pegang. Namun, di balik semua itu, belut memiliki kadar protein yang tinggi dan cita rasa yang sedap saat dijadikan masakan olahan.

Masakan olahan dari belut memang tidak kalah tenarnya dengan masakan lain. Asalkan Anda tahu cara mengolahnya dengan benar, dijamin, masakan dari belut yang Anda santap rasanya begitu melekat di lidah.

Nah, berikut ini adalah cara mengolah belut agar tidak amis saat akan dimasak.

  • Belut yang masih hidup biasanya sangat licin ditangkap. Untuk menyiasatinya bisa dengan menaburi garam dan jeruk nipis ke sekujur tubuh belut agar lemas dan tidak berdaya.
  • Membersihkan belut perlu dilakukan secara benar. Belut disayat dengan pisau tajam atau silet secara memanjang dari kepala hingga ke ekor. Setelah itu buang kotorannya, potong kepala dan ekornya, lalu cuci dengan air yang mengalir/air keran.
  • Bau anyir bisa dihilangkan dengan cara merendam belut yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk dan garam, diamkan selama 15 menit, lalu cuci kembali di bawah air yang mengalir/air keran.
  • Belut siap diolah menjadi masakan.

Bentuk masakan dari belut ini pun beragam macamnya. Bisa digoreng, direbus, dikukus, ataupun dipanggang. Berupa makanan ringan ataupun pendamping nasi, boleh saja. Seperti halnya resep yang satu ini, lumpia belut.

Bahan
300 gram belut ukuran kecil, cincang kasar
1 pak kulit lumpia
1 kuning telur
Minyak goreng secukupnya

Bahan Isi
3 siung bawang putih, cincang halus
100 gram wortel, iris tipis
150 gram rebung kaleng siap pakai
50 gram jamur kuping, rendam dengan air, iris halus

Bumbu
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam
½ sdt gula putih
1 sdt msg/kaldu (bila suka)
2 sdm minyak wijen
2 sdm saus tiram

Cara Membuat

  1. Rebus belut ke dalam air panas selama 10 menit, angkat, sisihkan
  2. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan cacahan belut, wortel, rebung, dan jamur kuping, aduk rata
  3. Tambahkan garam, merica, msg/kaldu, minyak wijen, dan saus tiram ke dalam tumisan, aduk sampai matang
  4. Ambil satu kulit lumpia, letakkan isi adonan di atasnya, lalu gulung seperti bentuk stick. Agar gulungannya rapat, rekatkan ujung kulit lumpia dengan kuning telur. Lakukan penggulungan ini satu per satu
  5. Panaskan minyak dalam wajan, goreng lumpia hingga kecokelatan, angkat, tiriskan
  6. Hidangkan di atas piring dengan saus botol selagi panas

Bagaimana, mudah kan membuatnya? Nah, jika Anda penasaran dengan masakan belut lainnya, AgroMedia Pustaka menerbitkan buku Aneka Masakan Belut yang ditulis oleh Muhammad Nur. Buku ini menyajikan 22 resep masakan belut yang bisa Anda coba sendiri di rumah, lengkap dengan tip-tip yang berkaitan dengan resep masakannya. Dijamin, masakan Anda akan lebih bervariasi lagi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.