Panduan Membuat Kulit Pangsit dan Siomay

Siomay dan pangsit adalah dua jenis makanan yang sudah tidak asing lagi di lidah kita. Bahkan, penjual siomay dan pangsit bisa dengan mudah kita temukan di mana saja. Selain rasanya enak, harga terjangkau, kedua makanan ini juga memiliki isi yang bervariasi. Mulai dari isi daging sapi, daging ayam, sampai daging ikan. Lezat kan?

Nah, bagi anda pencinta kedua makanan ini, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah anda. Caranya mudah saja. Anda cukup menyiapkan bahan baku yang dibutuhkan dalam pembuatan siomay dan pangsit. Salah satunya adalah kulit pangsit dan siomay. Memang mudah menemukan kulit pangsit dan siomay ini di pasar tradisional dan supermarket. Namun, kalau anda ingin membuatnya sendiri juga tidak masalah, ikuti saja petunjuk di bawah ini:

  1. Siapkan bahan baku pembuat kulit. Di antaranya: 500 gram tepung terigu protein tinggi, 40 gram mentega, garam secukupnya, 250 liter air dingin dan pewarna kuning (jika suka).
  2. Setelah bahan terkumpul, masukkan tepung terigu ke dalam wadah, tambahkan mentega dan garam. Aduk sambil beri air sedikit demi sedikit. Mengaduk adonan tidak perlu terlalu lama, secukupnya saja. Pengadukan dihentikan jika semua bahan adonan kulit tercampur rata dan bisa dipulung. Jika masih terlalu kering, bisa ditambahkan air lagi. Biarkan adonan beberapa saat sebelum ditipiskan.
  3. Ambil sedikit adonan, lalu masukkan ke dalam mesin penipis (gilingan mi). Letakkan pada posisi nomor 6 atau 7 yang lebar. Lakukan sekali lagi sampai terbentuk lembaran. Semakin tipis posisi pengatur tipis kulit akan semakin berkurang. Untuk hasil terbaik, tipiskan adonan secara bertahap. Jangan lupa taburkan tepung tapioka agar tidak lengket saat proses penipisan. Jika sudah tipis sesuai yang dikehendaki, potong lembaran tersebut menjadi bentuk yang diinginkan.
  4. Kulit pangsit ukuran sedang bisa dipotong 8 x 8 cm atau bentuk bulat dengan diameter 8 – 10 cm. kemas kulit pangsit yang sudah jadi dalam plastik dan simpan di tempat yang sejuk sebelum digunakan.

Panduan membuat kulit pangsit dan siomay ini ditulis Yuyun A dalam buku Bisnis Siomay & Pangsit yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka. Dalam buku tersebut, Yuyun juga mengungkapkan tips antigagal membuat siomay dan pangsit, plus 18 resep membuat aneka siomay dan pangsit. Mulai dari siomay ayam, siomay cumi segitiga, pangsit renyaj isi kucai, sampai pangsit goreng isi sayur.

Tinggalkan Balasan