Panduan Praktis Sukses Usaha Pembenihan Gurami

petunjuk-praktis-gurami

petunjuk-praktis-guramiPeternak gurami semakin berkembang di sentra produksi gurami, terutama di Jawa dan Sumatera Barat. Pertumbuhan ini dipicu oleh semakin tingginya permintaan gurami konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pasalnya, gurami merupakan menu favorit dan berkesan mewah pada sajian menu ikan tawar. Harganya yang tinggi sangat sebanding dengan kelezatannya.

Besarnya permintaan bibit untuk usaha pembesaran gurami, otomatis mendongkrak kebutuhan akan benih. Karenanya, membangun usaha pembenihan gurami merupakan satu-satunya dari usaha budi daya ikan tawar yang paling menjanjikan. Apa pun jenis dan ukuran produksi benih yang dihasilkan, pasti laku terjual di pasaran, termasuk telur yang siap menetas. Peternak berebut untuk mendapatkan benih gurami sehingga ada yang inden untuk membelinya. Harganya pun dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Keuntungan lainnya, membangun usaha pembenihan gurami bisa dimulai dengan modal kecil. Hal ini bisa disiasati dengan membeli telur untuk ditetaskan menjadi benih lalu dibesarkan seukuran biji oyong. Jika butuh uang untuk membeli telur lagi, setengah bagian dari benih tersebut bisa dijual, sisanya dibesarkan sampai ukuran bungkus korek api. Pola penjualan ini akan memberi keuntungan yang lumayan dengan perputaran usaha lebih kontinu, meskipun diawali dengan modal terbatas. Keuntungannya tentu akan lebih besar lagi jika pelaku usaha pembenihan memulainya dengan melakukan pemijahan dan produksi telur sendiri.

Anda bisa memilih berbagai jenis gurami berkualitas untuk kepentingan pembenihan, mulai dari gurami angsa, gurami jepang, gurami blausafir, gurami paris, gurami porselen, gurami bastar, hingga gurami batu. Biasanya, gurami yang menjadi favorit pembudidaya gurami ialah jenis angsa (soang). Jenis ini memiliki badan yang relatif panjang mencapai 65 cm dan pertumbuhannya bongsor hingga bisa mencapai bobot 6—12 kg/ekor. Telur yang dihasilkannya pun relatif lebih banyak dibandingkan gurami jenis lainnya.

Berbagai kegiatan pembenihan ini akan dibahas secara lengkapnya pada buku Petunjuk Praktis Pembenihan Gurami terbitan AgroMedia Pustaka. Anda akan mendapatkan panduannya secara praktis dalam membangun usaha pembenihan gurami, mulai dari memilih dan mempersiapkan indukan gurami, perawatan benih, berbagai metode pendederan, tip mengangkut benih gurami, hingga simulasi biaya membangun usaha pembenihan gurami.

H. Khairuman, SP & Khairul Amri, S.Pi, M.Si menulis buku ini untuk membantu Anda dalam mewujudkan usaha pembenihan gurami secara intensif, sebagai perbaikan teknik konvensional. Buku ini dapat digunakan dengan mudah oleh para calon pembenih gurami, karena disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Ia menyusun buku ini berdasarkan riset dan pengalaman pembudidaya di lapangan sehingga teknik-teknik yang diterapkan telah teruji dengan baik.

Selamat berkarya dan sukses…!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.