Panduan Sehat dan Cerdas Bagi Ibu Hamil

tetap-bugar-hamil

tetap-bugar-hamilMungkin cara terbaik untuk memperoleh kehamilan yang membahagiakan adalah menjaga hati tetap senang. Ibu yang memiliki hati senang cenderung merasa Iebih bugar dan memandang hidup lebih positif. Sayangnya, tidak ada satu resep khusus untuk memperoleh kebahagiaan.

Hal inilah yang dianjurkan di dalam buku “Tetap Bugar dan Energik Selama Hamil” ini, yaitu untuk mencoba mengubah pikiran menjadi positif. Jika si Ibu bertanya “Aduh, keluhan apa lagi nih selama hamil?” harus diubah menjadi “Apa yang paling saya syukuri?”. Semua ini akan memberikan waktu kepada diri sendiri untuk menghitung rahmat yang dilimpahkan Allah SWT kepada kita sehingga membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi ibu hamil.

Ibu juga dapat meningkatkan kebahagiaan dengan berpartisipasi dalam kegiatan yang bermakna, berusaha memberi uluran tangan kepada orang lain, dan membiasakan hubungan personal yang sehat. Orang yang berbahagia akan merasa kuat dan yakin bahwa kebahagiaan adalah miliknya. Kebahagiaan membuat kita fokus terhadap hal-hal positif dalam diri. Bagi ibu hamil, masa ini merupakan masa yang memerlukan keyakinan diri yang positif. Misalnya, ibu hamil perlu berusaha untuk memiliki rasa bahagia yang luar biasa, karena ibu sedang mengukir sebuah kehidupan baru –sebuah hadiah yang penuh keajaiban. Ibu juga akan merasa lebih percaya diri, segar, dan bersikap keibuan.

Selain itu, ibu hamil memiliki nafsu makan yang belum pernah dialami sebelumnya, dan ini suatu kebahagiaan tanpa harus takut kelebihan berat badan. Pilihan makanan yang bermanfaat selama kehamilan tentunya perlu dipahami. Belum lagi menyiapkan pernak-pernik kebutuhan bayi. Ini pun merupakan kebahagiaan tersendiri. Dan, yang pasti, ibu akan menjadi pusat perhatian di mana pun berada, membuat semua orang iri dengan keberuntungan yang dimiliki ibu hamil.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menjadi bahagia dalam kehamilan ibu. Beberapa gangguan pasti akan terjadi, tetapi gangguan kecil tersebut pasti akan dapat diatasi apabila ibu hamil tahu cara menghadapinya. Buku yang ditulis oleh dr. Ova Emilia, M.Med,Ed., PhD.,SpOG(K), & Harry Freitag, S.Gz, Dietsien ini memberikan banyak tip praktis yang dapat membantu ibu hamil.

Perubahan akan terjadi satu per satu selama sembilan bulan kehamilan. Misalnya, morning sickness, kadang-kadang makanan yang dahulu disenangi, tiba-tiba membuat perut mual. Selain itu, ibu hamil harus “menikmati ” keringat yang Iebih banyak, jerawat yang menghiasi muka bertambah parah, lelah, serta nyeri atau pegal di kaki dan pinggang. Kondisi yang menyertai ibu hamil kadang-kadang menjadikannya tidak rasional. Namun, perubahan suasana hati masih dianggap normal karena adanya respons perubahan hormon. Karena itu, pasangan dan keluarga perlu memahami hal tersebut sehingga tidak ikut terbawa dengan kondisi ibu.

Perhatian keluarga kadang-kadang diwujudkan dalam bentuk banyaknya “boleh atau tidak boleh” yang sebagian besar tidak beralasan. Ibu hamil dapat membaca beberapa penjelasan tersebut sehingga dapat memutuskan yang terbaik untuk kenyamanan kehamilan ibu. Dengan memahami lebih banyak, ibu hamil akan menjadi lebih siap untuk melakukan perjalanan yang berkesan dan membahagiakan selama kehamilan.

Di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini, tentunya Anda akan mendapati seluruh kebutuhan informasi dan panduan bagaimana menjalani kehamilan secara cerdas dan bijak. Tujuannya, agar Anda dan si jabang bayi selalu sehat dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari secara normal. Hingga pada akhirnya, Anda mendapatkan kelahiran sang bayi yang mudah, sehat, dan menggembirakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.