Panduan Sukses Beternak & Bisnis Sapi Perah

Buku-Pintar-Beternak-Bisnis-SapiPerah

Buku-Pintar-Beternak-Bisnis-SapiPerahMembangun usaha peternakan sapi perah memerlukan manajemen usaha yang baik. Di antaranya menyangkut manajemen modal, manajemen produksi, manajemen pakan, manajemen karyawan, dan manajemen kesehatan ternak. Pengelolaan yang baik akan menghasilkan produksi yang baik serta berkualitas dengan kapasitas produksi signifikan. Sebaliknya, penanganan yang buruk, hasil yang diperoleh tidak akan sesuai yang diharapkan sehingga tidak akan menangguk keuntungan berarti.

Modal yang besar saja tidak menjamin keberhasilan beternak sapi perah jika tidak menggunakan manajemen yang baik. Ketika akan menjalankan usaha sapi perah, pastikan untuk mengetahui kebutuhan modal untuk membeli berbagai kebutuhan investasi hingga membeli sapi perah, baik sapi dara maupun sapi masa produksi. Perhitungkan juga biaya pakan dan biaya lain yang harus dikeluarkan hingga sapi memasuki masa produksi dan menghasilkan susu agar dapat memberikan pemasukan bagi peternakan.

Keuntungan usaha mesti disisihkan untuk pengembangan usaha, seperti menambah indukan dan perbaikan perlengkapan. Modal dan uang operasional jangan tercampur dengan keuangan pribadi atau keluarga. Pastikan setiap pengeluaran memiliki catatan agar mudah menghitung produktivitas dari peternakan yang dijalankan. Dan, ini berguna untuk pengajuan pinjaman ke bank untuk mendapatkan tambahan modal.

Agar usaha peternakan berkelanjutan, sebaiknya peternak mempersiapkan regenerasi indukan di peternakannya. Regenerasi indukan berarti peternakan sapi perah bersangkutan menghasilkan anakan sapi perah betina yang disiapkan untuk menjadi sapi perah pengganti. Regenerasi indukan dilakukan menggunakan sperma dari pejantan unggul yang bisa didapatkan di balai ternak.

Untuk menghasilkan pertumbuhan sapi yang baik dengan susu yang  berlimpah dan berkualitas, diperlukan manajemen pakan yang ideal. Pakan sebaiknya diberikan secara teratur sesuai kebutuhan masing-masing fase pertumbuhan sapi. Pastikan sapi mendapatkan pakan kualitas terbaik agar dapat menghasilkan susu berkualitas secara optimal. Dan seterusnya, hingga pengaturan sistem kerja karyawan dan penanganan kesehatan sapi perah. Masih banyak lagi hal-hal yang mesti diperhatikan dan wajib diketahui oleh setiap pelaku usaha peternakan dan bisnis sapi perah.

Buku Pintar Beternak & Bisnis Sapi Perah terbitan AgroMedia Pustaka ini akan memandu Anda bagaimana membangun usaha peternakan sapi perah secara aplikatif. Sejatinya, Anda bisa menembus bisnis sapi perah dan produk susu secara prospektif. Yang mana, peluang usaha peternakan sapi perah masih sangat lebar. Pasalnya, kebutuhan susu masyarakat Indonesia sekarang ini masih mengandalkan produk susu impor.

Buku ini disusun oleh pebisnis sapi perah, Erif Kemal Syarif yang bekerja sama dengan Bagus Harianto seorang praktisi buku-buku agrobisnis. Di dalamnya Anda akan mendapati seluruh kebutuhan informasi dan teknis usaha peternakan sapi perah, mulai dari prospek usaha peternakan sapi perah, pengenalan berbagai jenis sapi perah unggulan, manajemen usaha beternak sapi perah, hingga pada aplikasi peternakan yang dimulai dari persiapan, pemeliharaan, perawatan, pembibitan, pemerahan, pengendalian hama dan penyakit, hingga penanganan pascapanen.

Selain itu, dilengkapi pula dengan CD video penanganan peternakan sapi perah sehingga Anda bisa lebih mudah belajar pengelolaan peternakan sapi perah secara visual di layar televisi rumah Anda. Tidak lupa, mereka juga menyertakan analisis usaha peternakan sapi sehingga Anda bisa mengetahui besaran asumsi biaya peternakan sapi perah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.