Peluang Menguntungkan Bisnis Minuman & Snack Rumahan

19-inspirasi-bisnis-minuman-snack

 

Usaha snack dan minuman populer memang semakin berkembang. Selama manusia hidup, selama itu pula membutuhkan makanan dan minuman. Apalagi penduduk Indonesia yang berjumlah jutaan orang merupakan pasar yang sangat besar dan tak ada habisnya. Sementara itu, mengembangkan usaha di era krisis dan keadaan keuangan menipis memerlukan cara yang praktis. Salah satu alternatif yang paling tepat dengan modal terbatas adalah memilih usaha snack dan minuman populer ala rumahan.

Usaha ini dibangun dengan aktivitas usaha dari rumah sendiri dan menggunakan peralatan yang ada di dapur. Secara otomatis usaha rumahan berskala kecil dan hanya butuh investasi kurang dari lima juta rupiah. Keuntungan lain dari usaha rumahan adalah kegiatan manajerial dapat dikendalikan secara langsung, mudah dilakukan, dan risiko kerugian rendah.

Alasan kemudahan proses pembuatan dan modal kecil memberikan peluang besar bagi siapa pun untuk memulai usaha minuman dan snack. Usaha ini tidak mengharuskan seseorang memiliki kompetensi khusus untuk memenuhi syarat menjadi pengusaha minuman dan snack. Seseorang tanpa pendidikan pun mampu menjadi pengusaha minuman dan snack.

Memilih usaha makanan di rumah adalah solusi yang paling tepat bagi pemilik modal terbatas. Apalagi jenis minuman dan snack yang dikembangkan sudah populer dikenal. Dengan begitu, makanan dan minuman yang dijual cepat laku tanpa bersusah payah mengenalkan kepada masyarakat. Usaha minuman dan snack ala rumahan seperti halnya usaha lain yang memerlukan strategi usaha agar hasilnya sesuai dengan yang direncanakan. Strategi tersebut terkait dengan cara untuk memulainya karena usaha ini merupakan usaha yang mudah dimulai sekaligus mudah berakhir. Jelasnya, usaha ini memiliki entry barrier rendah alias mudah ditiru orang lain.

Salah satu strategi yang mesti diterapkan ialah memahami kondisi pasar snack dan minuman populer. Kondisi yang perlu dipahami meliputi banyak sedikitnya pelaku usaha, tren yang sedang berkembang, karakter usaha hingga cara memasuki pasarnya. Misalnya tren snack dalam kemasan kecil atau minuman kemasan menjadi alternatif pilihan.

Selanjutnya, ialah target penjualan. Artinya, Anda harus menentukan ke mana produk tersebut akan dijual. Pilihan bisa jatuh pada penjualan di pasar tradisional, pasar modern, atau usaha lainnya. Anda cukup memilih satu segmen yang paling Anda pahami perilaku pembeliannya sehingga usaha lebih fokus dan berkembang.

Beragam permasalahan, solusi, dan praktiknya akan dibahas secara gamblang di dalam buku 19 Inspirasi Bisnis Minuman & Aneka Snack terbitan AgroMedia Pustaka. Buku ini ditulis oleh Yuyun Anwar yang akan memberikan inspirasi ide kreatif untuk memulai usaha, perhitungan keuntungan atau analisis usaha, proses pembuatan, dan peralatan yang dibutuhkan dari 19 jenis usaha. Mulai dari teh dalam celup, jus buah kemasan, dawet tradisional, sari buah kemasan, minuman jamu segar, es lilin aneka rasa, peyek kacang hijau, keripik pisang rasa vanila, keripik udang balado, keripik tempe berbumbu, hingga stik singkong aneka rasa.

Buku ini bisa memberikan solusi tepat bagi pengusaha makanan modal terbatas yang sedang memikirkan usaha paling realistis tanpa tergelincir dalam persaingan usaha tidak sehat. Hal penting lainnya adalah data dan informasi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan usaha kecil menengah. Sebuah usaha dapat dimulai dari dapur sendiri dengan modal sangat terjangkau.

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan