Rahasia Sukses Budi Daya Belut

kiat-sukses-belut

kiat-sukses-belutHingga saat ini, prospek komoditas belut masih sangat menjanjikan. Permintaan belut dunia dalam bentuk beku (dingin) mencapai sekitar 230 ribu ton per tahun. Indonesia hanya mampu memasok 2.2%. Sementara, permintaan ekspor belut hidup hanya terpenuhi sebanyak 7.1 %.

Belum lagi permintaan dari dalam negeri yang masih tinggi. Misalnya, pasar di Jabodetabek diperkirakan membutuhkan pasokan belut hidup sekitar 20 ton per hari. Sedangkan Kebutuhan pasar di Solo, Yogyakarta, Sukabumi, dan Surabaya masing-masing mencapai 1 ton per hari.

Prospek budi daya hewan bertubuh licin ini selalu dibarengi cerita, baik dari mulut ke mulut maupun di berbagai media, terutama di dunia maya. Banyak di antara mereka telah mengalami kegagalan menuai sukses budi daya belut. Tidak sedikit dari mereka yang telah mengeluarkan banyak modal, sedangkan hasilnya hanya menuai kegagalan setelah sekian lama menunggu panen. Kiloan bibit yang ditebar hanya memberikan hasil panen beberapa ekor. Gagal total!

Terlalu bernafsu memulai budi daya tanpa bekal ilmu yang memadai menjadi salah satu penyebab kegagalannya. Ditambah lagi, informasi budi daya yang salah, setengah-setengah, dan tidak tuntas merupakan sederet faktor lain penyebab kegagalan budi daya belut.

{xtypo_rounded_right2}Hindari penggunaan urea atau NPK dalam pembuatan media instan bokashi. Selain menjaga kandungan belut tetap alami, hal tersebut juga menjadi persyaratan khusus untuk memasuki pasar ekspor. Pasalnya, pasar ekspor menghendaki belut organik tanpa kandungan bahan kimia.{/xtypo_rounded_right2}
Buku “Kiat Sukses Beternak Belut” terbitan AgroMedia Pustaka ini khusus disusun bagi Anda untuk mencegah kegagalan di atas. Kemungkinan segalanya bisa berjalan lancar apabila mengikuti prosedur dan petunjuk yang terdapat di dalamnya.

Buku yang ditulis oleh Drs. Ruslan Roy, MM & Bagus Harianto ini menjelaskan berbagai hal seputar belut. Mulai dari pengetahuan dasar yang harus dimiliki calon pembudidaya, terutama mereka yang benar-benar awam terhadap budi daya belut hingga berbagai solusi dalam menghadapi kendala budi daya maupun jawaban atas berbagai pertanyaan yang muncul saat budi daya.

Selain itu, dijabarkan juga kiat memulai budi daya belut dengan benar hingga segala persiapan budi daya, kendala saat budi daya berlangsung, hingga teknik panen, dan pemasaran belut. Guna menunjang manajemen usaha Anda, kami juga melengkapinya dengan asumsi biaya atau analisis usaha dengan kisaran di bawah 3 juta rupiah.

Selamat berkarya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.