Seafood Bakar yang Menggugah Selara

Jalan-jalan ke pantai kurang lengkap rasanya kalau tidak menyicipi ikan bakar. Selain ikan yang diseguhkan masih segar, suasananya pun terasa sangat menunjang.

Namun, kalau Anda tidak sempat untuk datang ke pantai dan makan ikan bakar di sana, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Misalnya saja masakan ikan bawal bakar pulau Seribu. Anda tak perlu jauh-jauh datang ke sana hanya untuk mencoba masakan tersebut. Penasaran ingin mencobanya? Mudah saja.

Siapkan 1 ekor ikan bawal yang sudah dibersihkan dan disayat kedua belah sisinya sebagai bahan utama. Sedangkan untuk bumbu olesannya siapkan:

  • 4 sdm mentega, dicairkan
  • 5 siung bawang putih, diparut
  • 100 gram nanas, diparut
  • 1 batang serai, diiris dan dimemarkan
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Cara membuatnya pun tidaklah susah. Campurkan semua bahan olesan menjadi satu, lalu aduk rata. Setelah itu, panggang ikan bawal sambil sesekali diolesi bumbu olesan. Jangan lupa untuk membolak-balik ikan hingga kedua sisinya matang. Angkat dan sajikan bersama sambal terasi dan lalapan segar. Saat Anda membakar ikan bawal tersebut, sebaiknya arang yang digunakan adalah arang batok agar aroma ikannya menjadi harum.

Menu bawal bakar pulau Seribu ini bisa Anda temukan dalam buku Aneka Seafood Bakar Nusantara karya Henky Runtuwene yang diterbitkan oleh AgroMedia. Dalam buku ini, Hendy tidak hanya menampilkan menu ikan bawal saja. Melainkan pula berbagai macam jenis seafood bakar dari berbagai daerah di Indonesia yang mungkin jarang ditemukan di warung tenda atau restoran seafood biasa. Misalnya saja colo-colo sambal kenari, udang pencet bakar, bau baru dabu-dabu, atau singgang ikan Batusangkar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.