Seminar Nasional Ilmu Tanah 2012

seminar-nasional-tanah

seminar-nasional-tanahSeminar Nasional Ilmu Tanah 2012 merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (HMIT) Fakultas Pertanian IPB. Seminar bertema Tantangan Peningkatan Produktivitas dan Konservasi Lahan dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Indonesia diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 November 2012 di Auditorium Andi Hakim Nasoetion IPB Dramaga.

 

AgroMedia Pustaka menjadi salah satu sponsor pada acara seminar nasional ini. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya memahami teknik konservasi lahan dan peningkatan produktivitas yang berperan dalam mendukung kemandirian pangan Indonesia. Kegiatan ini meliputi penyampaian materi dari pakar manajemen sumberdaya lahan dan pakar-pakar lain terkait tema seminar nasional dalam suatu dialog interaktif. Sasaran kegiatan seminar nasional adalah mahasiswa/pelajar, praktisi, akademisi, dan masyarakat umum.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana Seminar Nasional Ilmu Tanah 2012 Irfan Kustoyo, Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Prawira Adi Putra Nasution, serta Ketua Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan Dr. Ir. Syaiful Anwar, MSc. Materi Pertama (Keynote Speech) disampaikan oleh Dr.Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc sebagai perwakilan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Sesi pertama terdiri dari empat orang pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Dr. M Edi Premono (PT. Saraswanti Group), Dr.Ir. Suria Darma Tarigan, M.Sc (ahli konservasi tanah dan air), Bapak Syahroni (Ketua Dept DPP Serikat Petani Indonesia), dan Bapak Agus Syaifulloh (Staff Ahli Perum BULOG Pusat).

Sesi kedua merupakan sesi yang diisi oleh perwakilan mahasiswa S1 dan mahasiswa pascasarjana. Pemateri sesi kedua yaituSetiari Marwanto, M.Si (alumnus pascasarjana Ilmu Tanah IPB), Muhammad Saefrudin (Presiden Mahasiswa IPB 2012), dan Wida Nindita (Mahasiswa Dept. Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan). Sesi ketiga merupakan pemaparan hasil penelitian dari peneliti muda Ilmu Tanah yang menjadi nominator “Humus Awards”, yaitu Bapak Ikqra dan Bapak Tatang. Acara diselingi oleh hiburan dari akustik Muhammad Nuramin dan Shafa Violin. Acara berakhir pada pukul 17.00 WIB. Seminar ini dihadiri oleh 184 orang peserta serta 29 undangan.

press-release-semnas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.