Sukses Bertanam Jeruk di dalam Pot dan Kebun

bertanamjerukdidalampotdandikebun

Buah jeruk merupakan salah satu buah favorit yang selalu ada di setiap penjual buah. Selain itu, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga menjadi sumber asupan terbaik dalam mengonsumsi buah. Cara penyajiannya pun mudah, terutama jeruk biasa yang tidak perlu mengupas dengan pisau. Permintaan konsumen jeruk selalu ada tiap hari, baik untuk kebutuhan personal, rumah tangga, usaha, maupun industri.

Disayangkan, ketersediaan buah jeruk di pasaran tersebut didominasi oleh jeruk-jeruk impor. Kondisi ini disebabkan tingkat produksi buah jeruk lokal masih rendah, sehingga tidak menjamin ketersediaannya. Padahal, pasar menginginkan pasokan jeruk yang kontinu. Akibatnya, banyak konsumen yang lebih memilih jeruk impor. Karena itu, dibutuhkan usaha untuk mengembangkan bisnis buah jeruk lokal.

Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas jeruk adalah dengan memperluas areal tanam. Bisa saja kita menggalakkan program penanaman jeruk di kebun atau di halaman rumah. Menanam satu atau dua pohon saja di halaman rumah, sudah sangat membantu untuk menambah ketersediaan buah jeruk, minimal untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga dan warga sekitar. Apalagi jika kita menanam banyak pohon jeruk di kebun, tentu bisa bernilai bisnis.

Kondisi ini bagi yang berpikir jeli, tentu tidak akan disia-siakan. Bertanam jeruk menjadi peluang bisnis yang lumayan, baik dilakukan paruh waktu sebagai sampingan maupun jadi pekerjaan utama yang dikelola lebih serius. Dan untungnya, setiap orang bisa mengaplikasikannya hanya dengan ruang sempit yang dimiliki. Bagaimana caranya?

Bertanam jeruk di dalam pot dapat dijadikan alternatif bagi yang tidak memiliki lahan kebun. Selain bisa menghasilkan buah sepanjang musim, juga bisa menambah keasrian halaman rumahnya. Karenanya, tanaman jeruk dalam pot menjadi primadona para hobiis tabulampot. Pasalanya, sosok tanamannya tergolong mungil dengan ukuran buah yang relatif kecil juga. Ada berbagai jenis jeruk yang bisa Anda jadikan tanaman pot.

Buku Bertanam Jeruk di Dalam Pot & di Kebun terbitan AgroMedia Pustaka ini bisa Anda jadikan panduan praktis dalam aplikasi menanam jeruk secara baik dan benar, baik di dalam pot maupun di kebun. Dengan harapan, agar Anda bisa menghasilkan tanaman jeruk yang lebat, rajin berbuah, serta sehat.

Buku ini merupakan persembahan tim Redaksi AgroMedia untuk Anda yang disajikan secara praktis dan sederhana bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha perkebunan jeruk atau sekadar mengembangkan hobi bertanam tanaman buah dalam pot. Di dalamnya berisi tentang seputar tanaman jeruk sebagai hobi atau lahan bisnis, mengenali varietas jeruk beserta syarat tumbuhnya, pemilihan bibit dan perbanyakan, aplikasi bertanam jeruk di dalam pot, aplikasi bertanam jeruk di kebun, tip mempercepat munculnya bunga dan buah, serta pengendalian hama dan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.