Sukses Beternak Ayam di Tengah Krisis

Memelihara ayam adalah kegemaran Bapak Sudirman Bur sejak kecil. Kemudian ia mengembangkannya menjadi usaha peternakan ayam secara serius sehingga membuahkan kesuksesan besar. Sekalipun sebagai guru yang harus memberikan pengabdian kepada masyarakat, tidak menjadikannya sebagai halangan untuk terus maju dalam usaha peternakannya. Ia bisa membagi waktu untuk mengatur pekerjaannya yang rangkap tersebut.

Pun begitu, kesuksesan yang diraih Bapak Sudirman Bur bukan secara kebetulan, namun berkat kegigihan dan metode pengelolaan usaha peternakan yang digunakannya. Ia tidak pantang menyerah dan selalu berinovasi dalam setiap usahanya. Bahkan, ketika datangnya masa krisis yang menyerang negara Indonesia, tidak seperti peternak-peternak lainnya, usaha peternakannya masih bisa bertahan.

Potret kesuksesan Bapak Sudirman Bur telah menjadi contoh bagi dunia wirausaha, khususnya bagi pengusaha peternakan ayam. Pepatah mengatakan, “pengalaman adalah guru yang paling bijaksana”. Dari pengalamannya, kita bisa mengambil kebijaksanaan yang sangat bermanfaat guna mengelola usaha peternakan.

Buku “Bertahan di Tengah Krisis” yang ditulis oleh Ir. Bambang Mulyantono dan Isman, S.Pt. ini adalah buku yang menguak rahasia sukses Bapak Sudirman Bur dalam mengelola peternakan ayam broiler di tengah krisis moneter, krisis pakan, dan krisis kepercayaan.

Di dalam buku ini, Anda akan mendapati bagaimana Bapak Sudirman menerapkan aspek bisnisnya, yaitu aspek teknis, pengelolaan (manajemen), bisnis, dan kewirausahaan sehingga kesuksesan ada di genggamannya. Ia berusaha menerapkan paradigma baru, yakni meliputi segi peternakan dan veteriner, teknologi, strategi usaha, manajemen, pembiayaan, penjualan, hingga pemasaran.

Dr. Drh. C.A. Nidon, MS., seorang peneliti Biologimolekuler FKH Unair Surabaya, dalam komentarnya ia mengatakan, “Usaha yang dilakukan Bapak Sudirman Bur bagaikan irama gurindam yang dialunkan dari sebuah surau terpencil. Tekun, jujur, ulet, sabar, berani menantang badai, semuanya bagaikan irama yang bersautan tiada henti. Terus berkreasi mengembangkan segala lini, baik dalam keadaan normal maupun tatkala ada tantangan.”

Sesuai sasaran pembacanya,  buku ini disajikan dengan bahasa yang sangat sederhana, enak dibaca, dan mudah dicerna. “Penulisnya telah bercerita secara apik dan lancar mengalir bak orang mendongeng, sehingga saya sangat menikmati bab demi babnya,” ungkap Bapak Nidon, MS.

Buku ini bisa menjadi pencerah dan pemicu bagi pembaca untuk berkarya di bidang usaha peternakan. Semangat, penciptaan sistem, kemauannya untuk mendengar, inovasi, dan siasat Bapak Sudirman Bur yang dibahas di dalam buku ini merupakan ilmu yang luar biasa bermanfaat bagi siapa saja untuk meraih kesuksesan di bisnis usaha peternakan, khususnya usaha peternakan ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.