Sukses Bisnis Walet dengan Modal Kecil

Satu terobosan baru budi daya walet telah ditemukan. Hanya dengan modal kecil, Anda bisa membuat rumah walet yang ideal. Padahal, umumnya orang menghabiskan dana ratusan juta rupiah, bahkan bisa miliaran rupiah jika hendak membangun rumah walet.

Membangun rumah walet hemat tidak mesti membangun bangunan baru. Anda juga bisa memanfaatkan bangunan yang sudah ada, seperti kamar, garasi, gudang, dan pondok di sawah atau kebun. Dengan begitu, penghematan biayanya bisa mencapai 70% dibandingkan membangun bangunan baru dengan ukuran yang sama.

Beberapa media yang bisa digunakan untuk rumah walet hemat, di antaranya rumah walet kamar. Dengan memanfaatkan ruang kamar yang ada, Anda bisa menyulapnya menjadi rumah walet kamar. Jika ada populasi walet di sekitarnya, niscaya kamar yang baru Anda sulap tersebut akan segera dihuni walet.

Untuk mencapai keberhasilan maksimal, ventilasi masuk walet jangan sampai terhalang oleh bangunan atau benda lainnya, gunakan kamar yang menghadap ke areal kosong (lapang), usahakan tinggi kamar sama dengan bangunan lain atau lebih tinggi.

Kalaupun Anda ingin membuat bangunan baru, mulailah dari ukuran kecil, 2 x 3 meter persegi. Bahan-bahannya bisa Anda gunakan dari sekitar Anda. Misalnya, untuk peredam panas, manfaatkan bahan-bahan dari limbah styrofoam atau memanfaatkan atap yang didesain dari daun pandan atau sirap. Sedangkan untuk dindingnya, bisa dibuat dari papan atau tembok semen dengan ketebalan tipis, sekitar 2 cm.

Berdasarkan hasil eksperimen, desain sederhana ini telah terbukti keberhasilannya. Dalam kurun waktu dua tahun, ruangan tersebut mampu menghasilkan sarang walet sekitar 0.5 kg per bulan, bahkan ada yang mencapai 4 kg. Biaya pembuatan rumah walet hemat ini sekitar 2 – 40 juta rupiah. Tergantung ukuran dan bahan yang digunakan.

Selanjutnya, apakah rumah walet bisa dibuat dengan menggunakan bambu, pendopo, dan joglo? Tentu saja bisa. Sebagaimana dijelaskan secara detil dalam buku Membangun Rumah Walet Hemat Biaya yang ditulis oleh Ir. H. Nasir Salekat, M.M. ini, dengan alat yang mudah didapat dan berharga murah, seperti bambu dan kayu Anda bisa membuat rumah walet.

Di dalam buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini, Anda akan menemukan solusi permasalahan biaya dalam membangun bisnis walet. Selain itu dibahas juga, aspek bisnis walet, pengenalan sekitar walet, aspek pemasaran sarang walet, prospek investasi merumahkan walet, sampai kepada dampak positif budi daya burung walet bagi masyarakat.

Alhasil, buku ini akan sangat membantu Anda menemukan kemudahan-kemudahan dan inovasi baru dalam bisnis walet. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan kemajuan yang signifikan dalam usaha Anda.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.