Teknik Komposter Belimbing

Teknik pembuatan kompos memiliki beberapa macam dengan komposter yang berbeda pula. Salah satunya ialah dengan komposter belimbing. Komposter ini terbuat dari tabung plastik bekas cat yang dilengkapi pengaduk dan dua susun baling-baling segi empat yang bentuknya menyerupai buah belimbing. Kelebihannya, pengaduk dan baling-baling tersebut memudahkan proses pencampuran bahan kompos. Komposter ini juga dilengkapi dengan rak penyangga besi berbentuk segi empat yang bisa dilepas atau dipisah dari komposter, sehingga mudah dipindah-pindahkan.

Kapasitas komposter ini sekitar 20 kg. Untuk sekali pengolahan, komposter belimbing bisa menghasilkan kompos sebanyak 10 kg. Komposter ini cocok disimpan di halaman belakang ataupun di halaman depan. Komposter belimbing efektif untuk jenis sampah dapur (sayuran), karena lebih ringan sehingga mudah diaduk selama proses pengomposan berlangsung.

Untuk membuat kompos dengan komposter belimbing, kita bisa membuat komposternya sendiri. Dalam buku “Bijak & Cerdas Mengolah Sampah” dijelaskan bagaimana membuat kompos sekaligus pembuatan komposter belimbing, yaitu, sebagai berikut.

A. Membuat Komposter Belimbing
Bahan untuk membuat komposter belimbing di antaranya tong bekas cat berdiameter 30 cm, besi batangan, dan cat dengan warna sesuai selera. Sementara itu, alat yang digunakan antara lain kuas cat, bor besi, dan las besi. Langkah-langkah pembuatan komposter belimbing sebagai berikut.

  •  Potong besi sesuai ukuran diameter tabung cat ditambah 27 cm untuk pegangannya.
  • Lubangi tabung cat di sisi kiri dan kanan tepat di bagian tengah, lalu pasang besi slot pengaduk.
  • Masukkan potongan besi ke dalam lubang yang sudah dibuat.
  • Tempelkan lempengan besi satu per satu pada potongan besi persis di bagian tengah dengan cara dilas. Ingat, saat mengelas pengaduk komposter, lapisi bagian dalam tong menggunakan kain untuk mencegah percikan api yang bisa mengakibatkan tong bocor.
  • Bengkokkan ujung besi agar mudah digunakan untuk pegangan.
  • Buat kaki dari 4 potong besi ukuran 15 cm, tempelkan dengan besi segi empat, las keempat sudutnya. Kemudian buat penyangga berbentuk segi tiga dengan sisi 20 cm, tempelkan di sisi kanan dan kiri besi segi empat dengan las.
  • Buat besi melingkar mengelilingi tabung, kemudian tempelkan pada penyangga segi tiga dengan cara dilas.
  • Lubangi dasar tabung untuk pengaturan kadar air dan sirkulasi udara
  • Cat tabung dan kakinya dengan warna sesuai selera.

Material untuk membuat komposter belimbing relatif mudah diperoleh di sekitar rumah. Bahan seperti tabung cat bekas, besi batangan, besi plat, dan cat bisa didapat dari pengumpul barang bekas atau toko bangunan terdekat. Dalam sekali pembuatan komposter belimbing bisa menghabiskan dana sekitar Rp 100.000. Biaya ini sudah termasuk pembelian bahan dan pembuatan di tukang las.

B. Membuat Kompos Menggunakan Komposter Belimbing

a. Bahan
   1. Kompos sudah jadi (bisa dibeli di toko tanaman hias) 
   2. 10-15 kg sampah sayuran (mentah)
   3. 5-10 kg serbuk gergaji
   4. 2 sendok makan EM4
   5. 2 sendok makan gula merah atau molasse 250 gram atau satu genggam dedak
   6. 0.5 liter air sumur

b. Alat
    1. Gunting atau pisau
    2. Sprayer ukuran 500 ml

c. Cara Membuat

  1. Masukkan kompos jadi ke dalam komposter hingga setebal 5 cm atau mendekati sisi terbawah pengaduk saat diputar. 
  2. Cacah sayuran sepanjang 2-4 cm, lalu masukkan ke dalam komposter bersama serbuk atau serutan gergaji dan dedak. 
  3. Larutkan gula dalam air, lalu tambahkan EM4. Diamkan selama satu jam. Masukkan larutan ke dalam sprayer.
  4. Aduk bahan kompos, lalu semprotkan larutan sebagai bioaktivator.
  5. Masukkan sampah sayuran setiap hari hingga penuh, diikuti dengan penambahan serbuk gergaji, tanpa penambahan EM4. Aduk setiap dua hari sekali.
  6. Jika sedikit berbau, semprot sesekali bahan dengan larutan EM4 yang sudah dicampur dengan gula dan air. Kompos dapat dipanen setelah 7-14 hari.
  7. Keringanginkan kompos terlebih dahulu selama satu hari di tempat teduh sebelum digunakan.

Selain cara di atas, bahan kompos bisa dicampur sebelumnya di luar komposter. Caranya, masukkan kompos jadi ke dalam komposter hingga setebal 5 cm atau mendekati sisi terbawah pengaduk saat diputar. Campur sampah sayuran yang telah dicacah dengan serbuk atau serutan gergaji dan dedak. Semprot bahan dengan gula dan EM4 yang telah dilarutkan dalam air. Masukkan bahan kompos ke dalam komposter, lalu tutup rapat.

* Artikel ini dikutip dari buku  “Bijak & Cerdas Mengolah Sampah” . Teti Suryati. Agromedia Pustaka.

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan