Tepat dan Mudah Mengolah Daging Sapi dan Kambing

Sebagian orang belum tahu bahwa daging memiliki karakteristik berbeda sesuai bagian dan jenisnya. Misalnya, bagian paha, lamusir, sengkel, has, dan iga memiliki komposisi berbeda sesuai karakternya. Daging has merupakan bagian-bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang. Karakteristiknya paling lunak, karena otot-ototnya jarang dipakai beraktivitas.

Sedangkan daging di bagian yang banyak digunakan beraktivitas, seperti paha dan dada lebih kasar dan berurat. Kandungan lemak juga banyak terdapat di bagian-bagian tertentu saja,  seperti di leher dan iga. Maka, setiap bagian daging ini, cita rasa masakan yang dihasilkannya juga berbeda.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan hasil masakan yang baik, gunakanlah bagian-bagian daging tertentu. Masing-masing potongan sesuai untuk masakan tertentu. Misalnya, paha depan (chuck) sebaiknya digunakan untuk abon, empal, kari, rendang, semur, dan sup. Sengkel (shank) sebaiknya digunakan untuk membuat bakso, daging giling, sup, rawon, dan kornet. Samcan (flank) sebaiknya digunakan untuk membuat empal, rawon, semur, dan sup.

Tidak hanya itu, Anda juga harus tahu cara memilih daging berkualitas baik dan segar melalui ciri-cirinya. Pasalnya, tidak semua daging yang dijual di pasar bermutu baik. Ada yang sudah disimpan di lemari pendingin, ada daging dari hewan berpenyakit, bahkan mengandung pengawet berbahaya.

Memasak ibarat seni. Suatu ketrampilan yang membutuhkan kejelian khusus. Jika ada kesalahan dalam prosesnya, tentu hasil masakan tidak akan sesuai harapan. Maka, selain memilih daging, meracik bumbu juga merupakan hal penting dalam memasak. Bumbu inilah yang akan menciptakan perbedaan aroma, jenis masakan, cita rasa, dan kelezatannya.

Bagaimanakah mengombinasikan seluruh kebutuhan tersebut secara tepat dan mudah? Nah, AgroMedia menerbitkan Kartu Resep Masakan Daging Sapi & Kambing untuk memenuhi informasi kebutuhan Anda dalam memasak secara tepat dan mudah. Anda tidak perlu repot tanya sana-sini untuk mendapatkan perihal daging dan resep masakannya.

Di dalam buku yang disusun oleh Yuni Pradata & Raninta Ika Ariestya ini, berisi kumpulan resep masakan daging sapi. Mulai dari resep-resep berkuah, seperti kare, coto makasar, aneka sup, semur, rawon, gulai, kambing kuah asam, dan tongseng, hingga resep-resep kering dan bakar, seperti aneka sate, beef crispy steak, oseng mercon kikil sapi, dendeng, empal, dan gadon daging.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi tip-tip praktis memilih daging berkualitas dan cocok dengan jenis masakan, tip memasak daging agar cepat empuk dan tidak bau prengus. Alhasil, kartu resep ini sangat membantu kemudahan Anda dalam menciptakan aneka masakan daging yang lezat dan penuh cita rasa.

Selamat mencoba!

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan