Tips Makan Sehat bagi Penderita Diabetes

tips-makan-sehat-diabetes

tips-makan-sehat-diabetesPenderita diabetes dapat hidup nyaman dengan mengatur pola makan yang baik dan benar. Di antara pola ini ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu berusaha selalu kenyang, tidak menunda waktu makan, dan cerdas memilih menu. Kenyang sangat penting untuk meredam kecanduan gula. Ini merupakan kunci sukses dalam mencegah lonjakan insulin yang tidak diharapkan. Kenyang di sini bukan berarti Anda harus makan banyak, tapi pintar memilih menu yang membuat Anda merasa kenyang.

 

Menghilangkan gula sederhana pada menu Anda akan memberi kepuasan bagi hormon yang ada di otak dan perut. Keseimbangan inilah yang membuat Anda merasa kenyang. Kandungan lemak esensial sangat dianjurkan agar Anda merasa kenyang tanpa dibebani oleh kekhawatiran meningkatnya insulin yang tidak diharapkan. Anda jangan sampai kelebihan kalori karena dapat berakibat buruk.  Pemilihan menu khusus terutama karbohidrat kompleks rendah ECC secara tidak langsung telah mengurangi pasokan kalori harian. Diet yang tepat, Anda dapat cepat berhasil mengendalikan gula darah, obesitas, dan menjadi sehat.

Pengaturan waktu makan juga sangat penting diperhatikan agar tubuh Anda tetap normal. Pasalnya, mekanisme yang berlangsung di dalam tubuh telah diatur sedemikian rupa, kapan waktu merasa lapar dan kapan merasa kenyang. Dengan menunda waktu makan maka keseimbangan tersebut menjadi kacau sehingga menimbulkan koordinasi neurotransmiter pengatur nafsu makan tidak dapat bekerja dengan semestinya dan menimbulkan kecanduan gula atau nafsu makan semu.

Membiarkan diri kelaparan berarti membiarkan tubuh kehilangan kesempatan untuk memperoleh nutrisi penting yang dibutuhkannya. Jangan mencoba beralasan bahwa Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makan lebih banyak pada kesempatan berikutnya. Bagi penderita diabetes tipe-2 yang memiliki keterbatasan dalam memproses gula, kondisi tersebut hanya mendorong pankreas bekerja keras guna menghasilkan insulin dalam jumlah banyak untuk memproses gula yang masuk ke dalam aliran darah.

Kestabilan gula darah akan terganggu saat perut lama tidak terisi makanan. Lemas sudah pasti karena pasokan gula untuk sel jumlahnya terbatas. Namun, persoalan lain yang tidak kalah berbahaya adalah level insulin yang tinggi. Jika ada gula yang harus disalurkan ke dalam sel, insulin yang tersedia bukan bekerja memproses gula, tetapi menyimpan gula yang ada menjadi lemak. Sifat alamiah tubuh inilah yang tidak boleh dilupakan. Alhasil, persoalan obesitas pun akhirnya tidak dapat dihindari. Pastikan bahwa Anda makan teratur, jangan biarkan perut kosong lebih dari 5 jam kecuali saat Anda tidur.

Ketiga pola di atas jika diterapkan dengan baik melalui diet, perbaikan gula darah Anda dapat berjalan mulus secepat roller coaster. Untuk mencapai semua itu, Anda tidak perlu memiliki kecerdasan khusus layaknya chef dalam memilih menu di restoran. Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dalam jumlah cukup dan beragam. Pastikan agar setiap hari diet Anda mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan nutrisi mikro.

Untuk mendapatkan seluruh jenis nutrisi dari berbagai makanan yang dianjurkan, Anda dapat menemukannya secara lengkap di dalam buku “Bebas Diabetes Tipe-2 Tanpa Obat” karya Lanny Lingga, Ph.D. Buku terbitan AgroMedia Pustaka ini akan menjelaskan secara terperinci terkait penyakit diabetes, mulai dari penyebab, pengendalian, hingga penyembuhannya dengan teknik khusus yang mudah dan nyaman bagi Anda. Silakan dicoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.