Untung Besar dari Bisnis Kelapa Sawit

pintar-kelapa-sawit

pintar-kelapa-sawitPerkebunan kelapa sawit menghasilkan keuntungan yang besar dan relatif tahan terhadap krisis sehingga banyak hutan dan perkebunan tanaman lain dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Bukan hanya perusahaan perkebunan besar, banyak petani kecil yang mengusahakan bisnis menggiurkan ini. Mereka dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar dari panen kelapa sawit.

Jika dilihat dari biaya investasi yang dikeluarkan sekitar 35—40 juta rupiah per hektare, pendapatan bersih yang dihasilkan rata-rata per hektare adalah 1.5 juta rupiah per bulan selama 25 tahun. Artinya, pada tahun ke tujuh setelah tanam, hasilnya sudah mencapai break even point (BEP). Setelah itu, hasil panen pada tahun selanjutnya merupakan keuntungan bersih yang dapat dinikmati hingga 21 tahun yang akan datang. Tentu nilai keuntungannya akan lebih besar lagi jika memiliki lahan yang lebih luas.

Prospek kelapa sawit memang selalu terbuka lebar. Pasalnya, kebutuhan kelapa sawit sangat tinggi untuk berbagai keperluan sebagai penghasil minyak masak, minyak industri, dan bahan bakar. Selain itu, kelapa sawit juga menjadi bahan baku berbagai produk, seperti sabun, lilin, kosmetik, dan industri pembuatan lembaran-lembaran timah.

Peluang ini banyak dimanfaatkan oleh negara-negara yang memiliki curah hujan yang cukup. Misalnya, Malaysia yang sudah lama mengembangkan teknologi pertanian kelapa sawit, bahkan menjadi sebuah penghasil devisa yang sangat besar. Indonesia juga merupakan daerah yang sangat cocok untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit. Selain memiliki lahan yang sangat luas, juga memiliki kesuburan yang ideal untuk perkembangan kelapa sawit.

Selanjutnya, bagaimana aplikasi penanaman kelapa sawit yang baik dan benar agar bisa menghasilkan panen melimpah? Apa saja yang diperlukan dalam membangun perkebunan kelapa sawit? Rustam Effendi Lubis dan Agus Widanarko, SP telah menyusun Buku Pintar Kelapa Sawit untuk menjelaskan semua aspek tentang bertanam kelapa sawit secara intensif hingga menghasilkan pertumbuhan dan panen yang optimal.

Di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini, Anda bisa belajar secara lengkap tentang pengetahuan kelapa sawit yang diperoleh penulis selama 35 tahun selama berhubungan dengan industri kelapa sawit. Pembahasannya dimulai dari sejarah penyebaran kelapa sawit, mengenal botani, morfologi, dan syarat tumbuh kelapa sawit, bertanam kelapa sawit di areal pasang surut, cara memperoleh perizinan dan legalitas perkebunan, kesesuaian lahan, kesuburan tanah, pembukaan lahan, kapital tanaman, pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan perawatan, pengendalian hama, gulma, dan penyakit, pemanenan, hingga pengolahan pascapanen.

Selain itu, penulis juga melengkapinya dengan analisis usaha pembangunan kebun kelapa sawit sehingga Anda bisa mendapatkan angka prediksi dalam biaya investasi, operasional, dan rasio keuntungan yang diperoleh. Dengan demikian, Anda memiliki kalkulasi yang tepat dalam menjalankan bisnis kelapa sawit ini.

2 thoughts on “Untung Besar dari Bisnis Kelapa Sawit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.