Untung Besar dari Bisnis Lobster Air Tawar

Depok, AgroMedia Pustaka. Minggu, 18 November 2007 mengadakan talkshow buku Teknik Pembenihan dan Cara Cepat Pembesaran Lobster Air Tawar di toko buku Gramedia, Depok. Selama dua jam, Ir. Cuncun Setiawan sebagai narasumber sekaligus penulis buku ini memberikan penjelasan tentang bagaimana melakukan pembenihan dan pembesaran lobster air tawar.

“Lobster beratnya bisa mencapai 500 gram,” ungkap Cuncun. Dengan interaktif sambil memegang lobster berukuran besar yang diambil dari dalam akuarium yang dipamerkan di toko buku Gramedia, ia menjawab setiap pertanyaan para peserta talkshow.

“Lobster ini bisa dipelihara, baik di kolam tanah maupun di kolam semen,” jawabnya, ketika ada yang bertanya tentang media pemeliharaan lobster air tawar.

Sang raja udang ini bisa menghasilkan 1.400-an bibit lobster per ekor. Bayangkan, betapa besarnya keuntungan yang akan diraup oleh peternak lobster apabila ia melakukan pembibitan dan pembesaran sekalipun hanya dari satu induk. Pasalnya, Ir. Cuncun Setiawan mengatakan, “Satu kilogram lobster harganya bisa mencapai 450 ribu rupiah”. “Belum lagi lobster indukan, dari satu set indukan yang terdiri dari atas lima betina dan tiga jantan harganya mencapai Rp 350.000–Rp 750.000,” ujarnya lebih lanjut.

Pembudidayaan lobster air tawar ini sangat mudah. “Untuk permulaan, pemeliharaan lobster bisa dilakukan di dalam kolam satu meter persegi,” ungkap pendiri dan direktur utama Bintaro Fish Center (BFC) ini. Tidak seperti udang galah, pemeliharaannya membutuhkan teknik yang lebih rumit dan lahan yang luas.

Melihat prospek bisnisnya yang menjanjikan dan teknik pembudidayaannya yang mudah, mengundang ketertarikan masyarakat luas. Hal ini terbukti dengan meningkatnya pembelian buku tentang pembenihan lobster air tawar yang ditulis oleh trainer BFC ini. Bahkan, pemilik gelar insinyur ini telah melatih lebih dari 5.000 orang di pusat pelatihannya di Bintaro.

Di sela-sela pembicaraannya, Cuncun terkadang berkelakar agar suasana lebih akrab dan meriah. Sontak saja disambut senyum dan tawa oleh pendengar dan peserta talkshow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.