10 Keunggulan Budi Daya Lele Organik yang Agromate Harus Ketahui

lele-oreganik

Siapa bilang hanya sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi secara organik? Lele pun bisa! Lele organik diperoleh menggunakan teknik budi daya yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan mikroorganisme positif pada kolam dan siklus yang sama dengan habitat hidup ikan lele yang asli.

 

lele-oreganik

Siapa bilang hanya sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi secara organik? Lele pun bisa! Lele organik diperoleh menggunakan teknik budi daya yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan mikroorganisme positif pada kolam dan siklus yang sama dengan habitat hidup ikan lele yang asli.

Begitu banyak keunggulan yang bisa Agromate dapatkan dari budi daya lele secara organik ini. Apa saja, ya, kira-kira? Berikut 10 keunggulannya.

1.    Hemat pakan
Dapat menghemat pakan sebanyak 50—70% dari awal tebar hingga masa panen.
2.    Hemat biaya pemeliharaan
Dapat menekan dan menghemat biaya pemeliharaan sampai dengan 50%, terutama dalam biaya pembelian pakan pelet.
3.    Menekan persentase kematian
Pada kolam lele organik terdapat banyak phytoplankton dengan komponen aktif mikroalga yang mempunyai aktivitas antimikroba dan antioksidan. Karena itu, berbagai kelebihan phytoplankton yang ada pada kolam lele mampu menekan berkembangnya penyakit yang tidak diinginkan.
4.    Tidak banyak memerlukan penggantian air
Kehadiran phytoplankton di kolam lele organik, dapat mengubah unsur anorganik menjadi bahan organik dalam proses fotosintesis sehingga dapat meminimalisasi penggantian air kolam.
5.    Bebas bahan kimia
Lebih menyehatkan dan ramah lingkungan, karena tidak menggunakan bahan anorganik.
6.    Bebas bau
Keberadaan bakteri pengurai bahan organik dalam probiotik mampu menekan pertumbuhan bakteri patogen dan meningkatkan kualitas air pada kolam.
7.    Mudah dipraktikkan
Karena prinsipnya penerapan sistem budi daya lele organik dilakukan dengan mengandalkan mikroorganisme alami sehingga Agromate cukup memantau prosesnya saja.
8.    Limbahnya dapat dimanfaatkan
Air bekas budi daya lele organik sangat baik untuk memupuk tanaman, baik untuk pembibitan tanaman hortikultura maupun tanaman keras.
9.    Membantu peternak mendapat penghasilan tambahan
Lele organik membutuhkan kotoran sapi, kambing, atau ayam. Artinya, peternak sapi, kambing, atau ayam yang terdapat di sekitar tempat budi daya lele organik bisa memperoleh penghasilan tambahan.
10.    Rasa daging lele menjadi lebih gurih
Karena mengonsumsi pakan alami, tekstur daging lele jauh lebih bagus dan rasanya pun lebih gurih.


lele-organik-hemat-pakan5Lele Organik Hemat Pakan karya Mahmud Efendi dan Maloedin Sitanggang berisi informasi pembuatan pakan organik dari bahan-bahan alami yang mudah diperoleh dengan harga terjangkau, proses peracikan bahan pakan, perawatan saat pembenihan dan pembesaran, pengendalian penyakit, serta analisis usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.