4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyemai Benih Tanaman

Menjalankan hidup sehat itu bisa dimulai dari mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, lho, Agromate. Tapi, sayur dan buah seperti apa yang layak dikonsumsi? Inilah yang menjadi “pekerjaan rumah” bagi kita semua.

 

menyemai-1

Menjalankan hidup sehat itu bisa dimulai dari mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, lho, Agromate. Tapi, sayur dan buah seperti apa yang layak dikonsumsi? Inilah yang menjadi “pekerjaan rumah” bagi kita semua.

Ya, belakangan ini semangat Grow Your Own dan tren urban farming memang sedang marak digaungkan. Dengan memanfaatkan lahan yang ada di rumah, kita sudah bisa memproduksi sayur dan buah organik, bebas bahan kimia.

Persiapan menanam pun sudah bisa Agromate mulai selepas memetakan kondisi rumah, merencanakan posisi menanam, dan memilih jenis tanaman yang akan ditanam.

Hal pertama yang dapat Agromate lakukan adalah menyemai benih. Tapi ingat, tidak semua bibit tanaman harus disemai terlebih dahulu, lho. Wortel, kacang-kacangan, dan bayam adalah beberapa jenis tanaman yang tidak perlu disemai sebelum ditanam.

Sebelum mulai menyemai, siapkan terlebih dahulu benih tanaman yang berkualitas, kotak semai, campuran tanah yang subur dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1, serta sekam. Setelah itu, mulailah menyemai.

Meski terkesan mudah, tapi tidak semua orang bisa sukses menyemai benih, lho, Agromate. Nah, berikut adalah beberapa tip antigagal saat menyemai.

•    Hindari terlalu tebal menimbun benih.
•    Hindari menyiramkan terlalu banyak air ke wadah penyemaian. Wadah semai yang terlalu becek bisa mengakibatkan pembusukan pada benih.
•    Taruh benih di tempat yang memiliki naungan atau terlindungi, baik dari air hujan yang berlebihan maupun terik cahaya matahari.
•    Tebar abu atau kapur dolomite di permukaan media semai yang berisi benih untuk menghindari serangan semut dan jamur.

Tidak sulit ‘kan, Agromate? Selamat mencoba, ya.


rumah-organikRumah Organik karya Janti Wignjopranoto (@alterjiwo), Selamet Raharjo, dan T. A. Kuncoro berisi informasi tentang bertanam sayuran dan buah organik dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumah. Dilengkapi juga dengan jenis sayuran atau herbal yang cocok ditanam di rumah, tip merawat tanaman saat musim hujan, hingga berbagai resep olah hasil kebun sendiri.

Tinggalkan Balasan