Awas Krisis Energi! Saatnya Beralih Ke Biogas

biogas-energi-alternatif-1

biogas-energi-alternatif-1Naiknya harga gas LPG 12 kg di awal tahun baru ini hanya sebagian episode krisis energi. Di tahun-tahun ke depannya bisa lebih parah lagi. Namun, jika Anda tahu solusinya, justru kondisi ini sebenarnya tidak jadi masalah, bahkan menjadi peluang bisnis tambahan. Terutama bagi Anda yang memiliki peternakan sapi.

 

biogas-energi-alternatif-2Naiknya harga gas LPG 12 kg di awal tahun baru ini hanya sebagian episode krisis energi. Di tahun-tahun ke depannya bisa lebih parah lagi. Namun, jika Anda tahu solusinya, justru kondisi ini sebenarnya tidak jadi masalah, bahkan menjadi peluang bisnis tambahan. Terutama bagi Anda yang memiliki peternakan sapi.

Anda dapat mengolah kotoran sapi menjadi “biogas” sehingga menjadi sumber energi unggul dibandingkan jenis bahan bakar fosil. Kualitas apinya lebih biru dan ramah lingkungan. Biogas dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga dan penerangan, sebagai pengganti listrik, kayu bakar, dan bahan bakar minyak sehingga dapat menghemat ekonomi keluarga.

Selain itu, manfaat lainnya dari pembuatan biogas dapat mengintegrasikan sistem peternakan dan pertanian. Anda dapat memperoleh nilai plus, baik dari segi produktivitas maupun finansial. Misalnya, diitegrasikan dengan beternak lele dan bertanam sayuran organik melalui pupuk hasil pembuangan digester biogas.

Sangat memungkinkan juga, Anda membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dari skala kecil hingga menengah. Apabila hal ini dilakukan, Anda telah berperan ikut menjaga keseimbangan alam dari pemanasan global karena emisi gas rumah kaca. Bagaimana, Anda tertarik? Beragam penjelasan dan teknisnya dapat Anda temukan selengkapnya di dalam buku “Biogas: Energi Alternatif Pengganti BBM, Gas, dan Listrik” terbitan AgroMedia Pustaka.

Buku ini ditulis oleh seorang ahli bioenergi dan biosurfactan, Sri Wahyuni, SE. MP. Ia telah berpengalaman dalam pengolahan kotoran ternak dan limbah organik menjadi biogas. Dibahas secara runut, mulai dari persiapan, pembuatan, instalasi, perawatan, pemakaian, sistem integrasi peternakan dan pertanian, hingga analisis usahanya.

Anda tidak perlu khawatir dalam mengaplikasikan teori dan teknis yang terdapat di dalam buku ini, karena telah didukung oleh studi kelayakan berdasarkan ilmu dan pengalamannya selama bertahun-tahun. Selamat mencoba..!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.