Belajar Sambil Mengenal Tempat-tempat Populer

Mengenalkan anak terhadap tempat-tempat populer di Indonesia merupakan hal yang menyenangkan. Di antaranya, kekayaan budaya dan peninggalan bersejarah yang tersebar di berbagai provinsi. Tempat-tempat tersebut, sebagiannya mencerminkan dari potret sejarah dan cermin kekhasan bangsa Indonesia serta lambang semangat perjuangan masyarakat setempat.

Salah satu tempat menarik dan sangat khas ialah Istana Pagaruyung. Istana ini memiliki konsep bangunan yang sangat unik dan tidak didapati di negara mana pun di seluruh dunia. Istana Pagaruyung merupakan peninggalan kerajaan Pagaruyung. Dulu, kerajaan ini memunyai daerah kekuasaan yang meliputi provinsi Sumatera Barat dan daerah-daerah sekitarnya.

Seluruh bangunan ini hampir terbuat dari komponen yang didapati dari hutan, seperti kayu, bambu, dan rotan. Namun, lebih menarik lagi, bentuk bangunan ini memiliki atap yang melancip ke atas seperti tanduk bersusun dua atau tiga. Selain karena aspek sejarah, keunikan bangunan Istana Pagaruyung telah menjadi cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah agar tetap lestari.

Selain Istana Pagaruyung, ada juga sebuah taman yang memiliki banyak koleksi hewan hampir dari seluruh penjuru dunia, yaitu Taman Safari Indonesia. Taman ini adalah tempat wisata yang melindungi kehidupan satwa liar di alam bebas. Di taman ini kita bisa melihat binatang-binatang berkeliaran bebas, sebab mereka tidak diberi kandang khusus. Kita bisa menyaksikan mereka secara langsung melalui jendela kendaraan kita.

Namun, tentunya tidak semua orang bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut di seluruh nusantara. Sebab selain membutuhkan waktu lama, juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hanya saja, pengetahuan tentang tempat-tempat tersebut sangat penting untuk diketahui oleh siapa pun, sekalipun tidak memiliki kesempatan untuk mengunjunginya.

Dan, merupakan hal tepat jika diajarkan atau diperkenalkan kepada anak sejak dini. Melalui jalan ini, anak akan mengetahui khazanah yang terdapat di dalam tanah airnya dan akan berkembangnya pemikiran anak terhadap objek-objek tersebut. Selain itu, jiwa petualang pun akan muncul dalam diri anak sehingga timbulnya obsesi-obsesi yang bermanfaat dalam kreativitas dan cita-cita si anak demi menjemput masa depannya.

Selanjutnya, media apa yang paling tepat untuk mengajarkan dan memperkenalkan tempat-tempat tersebut? Buku “Yuk, Keliling Indonesia Sambil Belajar Membaca, Menulis, dan Menghitung” yang ditulis oleh M. Ihsan ini bisa Anda gunakan sebagai media kebutuhan pembelajaran di atas.

Buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini berisi tempat-tempat populer di berbagai provinsi di Indonesia. Selain itu, anak bisa belajar membaca, menulis, dan menghitung melalui konsep-konsep yang menarik dan disukai anak. Misalnya, menebalkan huruf dan menghitung jumlah benda atau binatang yang terdapat pada gambar.

Selamat belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.