Bobot Tokek Menurun

Nama : Cecep Yusup
Email : cecepyusup@yahoo.com
Pertanyaan :


Tulis Konsultasi

 

Di rumah saya banyak tokek, saya menangkapnya dan dikandangkan. Saat dikandangkan, beratnya 84 gram, satu bulan kemudian saya timbang lagi beratnya malah berkurang tinggal 72 gram, padahal pakan yang saya berikan selalu dimakan. Kenapa? Pakan yang saya berikan tiap hari rata-rata 5 — 7 ekor jangkrik.

Jawaban:
Dipastikan tokek anda stres. Karena mengalami penurunan berat badan. Penurunan bobot tokek dikarenakan Anda salah dalam melakukan proses penimbangan. Bukan karena kekurangan pakan. Pakan sebanyak 5—7 ekor jangkrik yang Anda berikan selalu dimakan. Berarti, tidak ada bermasalah dalam hal itu.

Untuk memulihkan kondisi tersebut, coba Anda berikan minum ke dalam kandang, yaitu air kelapa yang dicampur gula aren (gula merah) secukupnya, lalu diaduk rata. Lakukan perlakuan ini hingga kondisi berat badan pulih kembali. Pemberian air kelapa yang dicampur dengan gula aren sangat baik untuk meningkatkan stamina badan tokek dan akan meningkatkan nafsu makan.  Selain itu, tutup kandang dengan kain berwarna gelap agar suasana dalam kandang selalu nyaman. Semoga jawaban ini berkenan di hati Anda. Selamat mencoba.

Salam kami,
Ir Agus Broto Susilo dan Purwadaksi Rahmat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.