Mempercepat Pertumbuhan Tokek

Nama : Rusdianto
Email : rusdy_crewtata@yahoo.com
Pertanyaan :


Tulis Konsultasi

 

Saya punya tokek 2 ekor, berat sekitar 2 dan 2.5 ons sudah saya pelihara sejak Mei 2010 dan setiap 2 hari saya kasih makan jangkrik secara berlebih agar tokek cepat besar. Yang saya tanyakan:

1. Kenapa pertumbuhan tokek sangat lambat?

Jawaban:
Pertumbuhan tokek bukan diukur dari cara pemberian makan yang berlebihan, tetapi pemeliharaan yang intensif dan pengaturan pola makan yang tepat. Tepat yang dimaksud adalah tepat jumlah dan tepat waktu.
Untuk tokek dengan berat 2-2.5 ons, pemberian ransum jangkrik dalam satu kali pemberian makan sekitar 8–10 ekor. Diberikan pada sore hari menjelang malam.  Selain itu, makanan juga harus bervariasi (diganti-ganti), jadi bukan hanya jangkrik.

 
Pada buku Dahsyatnya Bisnis Tokek bab pakan dan minum dituliskan, pertumbuhan tokek tidak lambat asal perawatannya tepat. Tata letak kandang juga berpengaruh terhadap proses pertumbuhan badan tokek, seperti letak kandang harus terlindung dari sinar matahari langsung, kering, bersih, tidak lembap, sirkulasi udara bagus, tidak ada binatang pengganggu yang sering lewat di sekitar kandang pemeliharaan, tidak berisik, tidak ada aroma atau bau yang mengganggu, dan tidak terkena hujan.

2. Apa ada nutrisi atau vitamin yang bisa diberikan untuk mempercepat pertumbuhan tokek?

Jawaban:
Nutrisi atau Vitamin yang di cetak khusus untuk memompa bobot tokek sampai dengan ini belum ada, tetapi  Anda boleh memberikan suplemen buatan, seperti mencampurkan air minum dengan sesendok madu, atau memberikan kuning telur ayam (putih telur dibuang) yang diencerkan dan ditaruh dalam wadah sedemikian rupa, lalu masukkan ke dalam kandang, yang diberikan 2 minggu sekali.

3. Bagaimana cara memberikan makan nutrisi vitamin, karena tokek takut kalau lihat orang?

Jawaban:
Pemberiannya biasa saja layaknya kita memberikan ransum. Jangan Anda coba-coba memaksa memasukkannya ke dalam mulut dengan cara menggelonggong.  Perlu diketahui, tokek menjadi jinak dengan pemiliknya jika pemiliknya merawatnya dengan penuh kasih sayang. Tokek yang penulis pelihara sudah nampak jinak dan mengerti bila diberikan makan atau minum dan tidak berontak. Semoga jawaban ini berkenan di hati Anda. Selamat mencoba.

Salam kami,
Ir Agus Broto Susilo dan Purwadaksi Rahmat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.