Cara Cepat dan Tepat Pembenihan Lele

PembenihanLele21HariBalikModal

PembenihanLele21HariBalikModalDari tahun ke tahun, kebutuhan konsumsi lele semakin meningkat. Baik lele konsumsi maupun lele benih, permintaannya melonjak tajam sehingga tidak bisa terpenuhi oleh para pembudidaya lele. Pasalnya, lele kini sudah menjadi menu favorit yang digemari oleh konsumen dari berbagai kalangan, baik diolah secara tradisional maupun secara modern.

Kondisi di atas mendorong banyak orang untuk ikut jadi pembudidaya lele sesuai kemampuan modal. Namun, di sini ada satu masalah dalam usaha pembudidayaan lele. Sekalipun lele tergolong jenis ikan yang tidak rewel untuk dibudidayakan, tetap saja ada kegamangan bagi pembudidaya pemula, terutama di segmen pembenihan, sebab pembenihan lele gampang-gampang susah. Artinya, sekalipun tidak butuh modal besar dan sarana yang banyak, di dalamnya mengandung risiko kegagalan.

Oleh sebab itu, untuk menunjang pengetahuan dan meminimalisir kegagalan, banyak calon pembenih pemula yang terpaksa membekali diri dengan mengikuti berbagai kursus atau pelatihan pembenihan atau budidaya lele. Tentunya, mereka harus menyita waktu yang ada dan mengeluarkan dana tambahan yang tidak sedikit untuk membayar biaya kursus. Padahal, hasilnya pun belum bisa dijamin efektif seperti yang diharapkan.

Pertanyaannya, adalah cara lain yang lebih praktis dan murah serta efektif? Nah, dengan ini, penerbit AgroMedia Pustaka menerbitkan buku Pembenihan Lele 21 Hari Balik Modal sebagai solusi tepat untuk membekali pengetahuan para pembenih atau pembudidaya lele. Buku ini sengaja dirancang sebaik mungkin agar lebih mudah dipahami dan diaplikasikan, terutama oleh pembenih pemula, tanpa harus kursus atau ikut pelatihan.

Setiap aspek teknis yang selama ini terkesan rumit, ditampikan secara sederhana untuk mencapai target keberhasilan yang maksimal. Buku ini merupakan pembelajaran dari pengalaman penulisnya, yaitu Khairuman, SP. dan Khairul Amri, SPi, MSi. Baik sebagai pelaku usaha pembenihan maupun sebagai praktisi yang dilengkapi berbagai literatur terbaru.

Di dalam buku ini, dibahas secara bertahap tentang usaha pembenihan lele secara cepat dan hanya dalam waktu 21 hari sudah kembali modal. Pembahasannya dibuka dengan prospek usaha pembenihan lele, pengenalan berbagai jenis lele, memahami sifat lele, membuat berbagai wadah pemijahan, penyiapan induk pembibitan, teknik tepat pemijahan, perlakuan terhadap benih, hingga pemanenan, packing, dan pengiriman.

Di dalamnya sudah termasuk paket teknik menekan kemungkinan risiko yang timbul, kemungkinan kendala yang dihadapi dan cara pemecahannya, dan langkah antisipatif menekan pengaruh cuaca ekstrim. Selain itu, dilengkapi pula dengan analisis usaha (estimasi biaya dan keuntungan) pembenihan lele sehingga Anda bisa menyiapkan anggaran yang dibutuhkan dalam membuka usaha pemebenihan lele.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.