Sukses Berbisnis Kopi Luwak

 

MengerukUntungdariBisnisKopiLuwakKenikmatan dan popularitas kopi luwak sudah tersebar di Indonesia dan mancanegara. Karena kenikmatannya yang khas dan istimewa, Anda  harus mengeluarkan uang paling sedikit 80.000 rupiah untuk mendapatkan secangkir kopi luwak. Terutama di luar negeri, secangkir kopi luwak dijual paling rendah U$ 50, sekitar Rp 450.000.

Berbagai media lokal dan internasional, baik elektronik maupun cetak, telah banyak mengupas tentang khasiat dan rasa spesial kopi luwak. Acara talkshow The Oprah Winfrey Show juga pernah membahas tentang si kopi fases ini. Bahkan, Presiden Republik Indonesia pernah memberikan kopi luwak sebagai oleh-oleh dari Indonesia kepada Perdana Menteri Australia.

Mahalnya harga kopi luwak sangat beralasan. Di samping dengan kenikmatan rasanya, juga proses pembuatannya yang unik dan tidak bisa diproduksi secara besar. Kopi luwak hanya dihasilkan dari biji-biji kopi pilihan melalui proses fermentasi dalam sistem pencernaan luwak atau musang. Maka, produksi kopi luwak hanya mengandalkan ketersediaan hewan luwak, baik dari penangkaran maupun alam bebas.

Akan tetapi dari hal di atas, justru di sinilah nilai bisnis dan peluang usaha yang bisa kita rebut untuk mendapatkan keuntungan besar.  Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menyiapkan empat hal dasar, yaitu menyediakan luwak, membuat kandang, mempersiapkan buah kopi, dan menyediakan pakan lainnya.

Jika tidak memiliki kebun kopi sendiri, Anda bisa bekerjasama dengan pemilik perkebunan kopi. Pemilik perkebunan kopi dapat menjamin ketersediaan buah kopi yang sudah matang, dengan sistem bagi hasil atau jual-beli. Bisnis ini sangat menggiurkan jika dikelola dengan baik dan tepat.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya ialah pengadaan luwak. Anda bisa memperolehnya melalui tangkapan dari alam atau dari pasar hewan terdekat yang menjual luwak dengan kisaran harga yang bervariatif, sesuai jenis dan umurnya. Namun harus diingat, umur ideal luwak yang dapat dijadikan “produsen” kopi luwak harus di atas satu tahun.

Seluruh prosesnya cukup mudah sehingga siapa pun bisa mengaplikasikannya. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda membaca buku Mengeruk Untung dari Bisnis Kopi Luwak yang ditulis oleh Ir. Edy Panggabean. Buku ini akan mengajarkan Anda secara bertahap dan mudah dalam membuka serta mengelola bisnis kopi luwak.

Di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka dibahas mulai dari pengenalan seputar sejarah kopi luwak, mengenal taksonomi dan kehidupan luwak, persiapan teknis, pemeliharaan, pengaturan pakan, pemanenan, pengolahan kopi, komposisi kimia biji kopi, penyajian kopi luwak, bisnis dan pemasarannya, hingga analisis usaha kopi luwak. Buku ini akan membantu Anda sukses berbisnis kopi luwak.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan