Cara Mudah Mengajarkan Bayi Mengenal Huruf

Mengajarkan anak membaca dan mengenal berbagai jenis benda mati dan hidup sangat diperlukan bagi perkembangan otak serta kemudahan belajarnya di masa yang akan datang. Tujuannya, anak akan lebih dini mengenal huruf, nama-nama tertentu, dan bentuknya.  Selain itu, otak anak pun akan berkembang pesat melalui pembelajaran yang diterimanya. Sebab, cara ini memberikan stimulasi positif bagi pertumbuhan sel otaknya. Sehingga, sel-sel tersebut mampu bertahan permanen pada masa dewasa kelak.

Akan tetapi, mengajarkan anak, terutama bayi, mesti dibedakan dengan cara belajar orang dewasa usia sekolah. Kondisi bayi masih sangat lemah dan minimnya daya konsentrasi anak dalam menangkap media pembelajaran yang diberikan. Oleh sebab itu, diperlukannya metode tepat yang sudah teruji di lapangan pendidikan.

Berdasarkan analisa pakar, tampilan visual gambar sangat berpengaruh besar bagi daya tangkap dan konsentrasi anak. Objek visual ini lebih mudah ditangkap oleh otak kanan anak, kemudian ditransformasikan ke dalam memori otaknya. Dengan cara ini, anak akan mudah ingat dan bisa mengolah informasi yang ditangkapnya melalui media visual ini, dan menjadi bahan yang bisa digunakan pada pembelajarannya di masa yang akan datang.

Teknik visual yang bisa digunakan di antaranya dengan menggunakan gambar berwarna. Melalui gambar ini, anak akan mampu mengenal langsung objek tersebut melalui gambar tersebut tanpa harus melihat benda aslinya. Misalnya, jika kita ingin mengenalkan lebah kepada anak, sodorkanlah gambar lebah tersebut dengan diucapkan bunyi nama binatang tersebut. Dengan cara ini, anak akan mengetahui bahwa bentuk binatang tersebut adalah lebah.

Namun, agar sempurna, Anda juga mesti membubuhkan tulisan nama gambar tersebut. Dengan begitu, anak akan mengenal jenis huruf dan kata dari tulisan nama gambar tersebut. Keuntungannya pun jadi ganda, selain mengenal benda, juga bisa mengenal huruf, kata, dan pelafalannya.

“Kartu Pintar Mengenal Huruf A-Z; Hewan & Tumbuhan” yang disusun Angga JGM ini merupakan solusi terbaik bagi Anda untuk mengajarkan anak agar pintar sejak dini. Yaitu, mulai dari huruf besar dan kecil, kata benda dalam bahasa Indonesia dan Inggris, bunyi lafal, dan objek benda melalui gambar berwarna yang menarik bagi usia anak.

Buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini sangat praktis digunakan oleh siapa saja yang ingin mengajarkan anak mengenal huruf, membaca, dan mengenal tumbuhan dan binatang. Agar lebih mudah, dilengkapi juga teknik penggunaannya.

Selamat mengajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.