Cara Tepat Budi Daya dan Bisnis 15 Ikan Konsumsi

BukuPintarBudiDayadanBisnis15IkanKonsumsi

 

BukuPintarBudiDayadanBisnis15IkanKonsumsiIkan menempati urutan penting dalam konsumsi masyarakat Indonesia sebagai salah satu sumber protein. Iklim Indonesia sangat tepat dalam budi daya berbagai jenis ikan konsumsi. Di samping ketersediaan air dan lahan yang mencukupi, Indonesia juga memiliki banyak varietas ikan konsumsi, seperti ikan mas, lele, mujair, gurami, bawal, patin, udang, dan nila.

Kebutuhan ikan konsumsi di Indonesia sangat besar sekali. Sedangkan, pasokan ikan belum mencapai jumlah yang dibutuhkan. Karenanya, untuk mencukupi kebutuhan ikan, pemerintah sedang menjalankan program percepatan peningkatan produksi untuk ekspor dan konsumsi masyarakat melalui konsep pembangunan perikanan berbasis wilayah dengan pendekatan dan sistem manajemen kawasan.

Sayangnya, berdasarkan fakta di lapangan, belum semua pembudidaya ikan memahami dan menguasai teknologi budi daya secara baik dan benar. Hal ini disebabkan oleh tingkat pengetahuan dan ketrampilan pembudidaya yang umumnya masih relatif rendah. Akibatnya, terjadi penurunan mutu berbagai jenis ikan dari waktu ke waktu. Penurunan mutu ini tidak hanya ditemukan pada penyediaan benih, tetapi juga pada penurunan mutu induk.

Akibat kondisi ini, ikan mengalami laju pertumbuhan yang lambat, mudah terserang penyakit, dan dalam proses pembesarannya memerlukan pakan yang jauh lebih banyak daripada yang seharusnya sehingga konversi pakannya menjadi tinggi. Selain itu, tidak jarang terjadi ketidaksesuaian standar warna dan bentuk benih yang dihasilkan.

Dengan demikian, pembudidaya mesti belajar lebih banyak tentang pengelolaan budi daya ikan konsumi ini. Tahap pertama dimulai dengan pengenalan taksonomi ikan, lokasi pemeliharaan berdasarkan iklim dan ketinggiannya, tempat pemeliharaan, sumber air, teknis budi daya, penyediaan benih, pencegahan hama dan penyakit, pemanenan, hingga pemasarannya.

Atas dasar hal di atas, H. Khairuman, SP. & Khairul Amri, S.Pi, M.Si menyodorkan konsepnya secara praktis dan mudah melalui Buku Pintar Budi Daya dan Bisnis 15 Ikan Konsumsi. Buku ini menjelaskan tentang teknik budi daya 15 ikan konsumsi beserta standarisasinya, mulai dari Lele Sangkuriang, Patin, Lele Dumbo, Ikan Mas, Nila, Gurami, Bawal, Lele Lokal, Udang Galah, Tawes, Nilem, Sepat Siam, Koan, Mujair, hingga Baung.

Selain itu, di dalam buku terbitan AgroMedia Pustaka ini dilengkapi pula dengan sertifikasi SNI dalam bentuk CD. Buku ini sangat membantu Anda dalam mengelola budi daya dan bisnis ikan konsumsi secara cepat dan tepat, baik dalam segmen pembenihan maupun pembesaran ikan untuk konsumsi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.