Dra. Hartutiningsih – M. Siregar

Lahir di Wonogiri, Jawa Tengah, 24 Februari 1962. Pendidikan dasar hingga menengah atas diselesaikan penulis di kota yang terkenal dengan waduk Gajah Mungkur-nya itu. Gelar sarjana biologi diperoleh tahun 1985 dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Tahun 1986-2001 bekerja sebagai peneliti di Laboratorium Treub, Bidang Botani, Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Bogor. Tahun 2001-saat ini bertugas di Kebun Raya Bali, mengikuti tugas dinas sang suami, Ir. Mustaid Siregar MSi., yang menjabat sebagai Kepala Kebun Raya Bali.

Sebagai peneliti senior, penulis telah melakukan serangkaian penelitian mengenai begonia. Keingintahuannya yang besar mengenai begonia mendorongnya mengunjungi banyak breeder, kolektor, maupun peneliti begonia, baik di dalam maupun di luar negeri. Pada tahun 2006, penulis bergabung dengan asosiasi begonia yang berada di Amerika, yaitu American Begonia Society.

Pengalaman eksplorasi tumbuhan telah banyak didapat penulis dari sebagian besar wilayah Indonesia. Pengalaman kursus dalam bidang hortikultura juga telah banyak diikuti, baik di dalam maupun di luar negeri. Berbagai publikasi ilmiah dan populer hasil karya penulis banyak diterbitkan di berbagai jurnal, baik di dalam maupun di luar negeri.

Kecintaan penulis terhadap begonia bermula dari mengoleksi begonia, kemudian mengembangkannya. Buku ini merupakan karya ketiga penulis dan merupakan penyempurnaan dari buku yang terbit pada tahun 2005 dengan judul "Begonia, Kebun Raya Bali".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.