Panduan Praktis Mengenal dan Merawat Begonia

Begonia merupakan tanaman hias dari keluarga Begoniaceae. Spesies tanaman ini di seluruh dunia diperkirakan mencapai 1500 jenis. Begonia spesies dibedakan menjadi dua, begonia alam dan begonia eksotik. Begonia alam bisa diartikan sebagai begonia dengan penampilan “biasa-biasa” saja, sementara begonia eksotik memiliki penampilan menawan dengan aneka bentuk, warna, corak, dan ukuran daun dan bunga yang beragam. Cantik dan eksotik. Dua kata ini seolah menggambarkan sosok begonia. Meskipun bukan "pendatang baru" di dunia tanaman hias di Indonesia, kehadiran begonia baru terlihat belakangan ini, seiring dengan makin banyaknya begonia yang muncul di berbagai pameran tanaman hias dan di berbagai nurseri. Tidak hanya itu, makin banyak yang menjadikan tanaman hias ini sebagai penghias halaman, teras rumah, atau taman. Keindahan warna dan corak daun serta bunga begonia sepertinya sudah mulai menarik perhatian banyak orang.

Meskipun tidak memerlukan perawatan yang rumit, untuk mendapatkan penampilan prima dari tanaman hias asli dari daerah tropis ini tetap dibutuhkan pengetahuan mengenai teknik perawatan sesuai dengan karakter tiap-tiap jenis begonia. Misalnya, mengenal asal-usul dan jenis-jenis begonia, penempatan, perawatan, dan pengendalian gangguan fisiologis, hama, dan penyakit.

Judul :    Mengenal dan Merawat Begonia
Penyusun :    Hartutiningsih & M. Siregar  
Ukuran :    17.5 x 24 cm.
Tebal :    iv + 146 hlm.
Penerbit : AgroMedia Pustaka
ISBN :    979-006-173-0
Harga :    Rp 40.000,-

Buku ini menjabarkan berbagai hal berkaitan dengan begonia, mulai dari pengenalan, penjabaran jenis-jenis begonia alam dan eksotik, perbanyakan dan penyilangan, perawatan, serta pengendalian gangguan fisiologis, hama, dan penyakit. Dilengkapi dengan galeri foto dari berbagai jenis begonia dengan penampilan indah.

Dengan demikian, sangat tepat buku Mengenal dan Merawat Begonia  ini dijadikan panduan dalam menanam, memelihara, merawat, serta mengembangkan tanaman begonia.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.