Ini Lima Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Sarang burung walet adalah satu produk herbal yang dikenal sangat mahal dan berkhasiat kuat untuk berbagai kebutuhan kesehatan. Inilah alasan mengapa nutrisi dari kandungan sarang walet sangat layak untuk dikonsumsi. Dalam industri kosmetik dan perawatan rambut pun, mulai banyak menggunakan sarang walet untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Karakter burung walet

Burung walet memiliki karakter yang terbilang unik. Ekor burung berukuran pendek. Biasanya, berujung memanjang seperti gunting. Bulu-bulunya berwarna hitam dan abu-abu yang bervariasi.

Di alam bebas, habitat burung walet berada di dalam gua. Biasanya gua di tepi laut. Di sana, burung walet membangun sarangnya dari air liur. Berat sarang burung walet kecil berukuran sekitar 16 gram. Sedangkan berat sarang burung dewasa mencapai 32 gram.

 

BACA JUGA:

Teknik Memikat Walet dengan Aroma

Telah banyak pengusaha walet mengembangkan dan mengambil untung dari usaha sarang burung ini. Di manca negara, penghasil sarang burung ini kebanyakan dijumpai di Cina, India, Amerika Utara, Eropa, dan beberapa di Asia Tenggara. Malaysia, Vietnam, dan Indonesia, termasuk pemain eksportir sarang walet ke Cina.

Untuk memproduksi sarang burung walet, perlu beberapa rekayasa agar walet mau masuk ke dalam rumah walet dan bersarang. Biasanya, para pebisnis walet membangun sarang liar di puncak pohon, gua, dan bangunan. Namun, hanya sarang burung yang dibangun di gua-gua dan di gedung-gedung yang disukai walet.

Karakter sarang walet

Sarang burung walet berasal dari air liur yang mengandung lamina saliva. Air liur ini diproduksi oleh kelenjar air liur di belakang lidah bawah. Saliva segar cair sebelum dibekukan oleh udara, dan lambat laun akan mengering. Air liur walet yang mengering ini mahal nilai jualnya.

Seperti kita tahu, Cina adalah negara yang mempelopori konsumsi sarang burung Walet. Pada saat itu, hanya masyarakat kelas bangsawan yang kaya dapat mengkonsumsi sarang burung.

 

BACA JUGA:

Ekspor Sarang Burung Walet Terus Menggeliat

Secara umum, kandungan nutrisi sarang walet memiliki kemampuan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Namun, bukan hanya itu. Berikut beberapa alasan dan manfaat kesehatan sarang burung untuk dikonsumsi.

  1. Salah satu ramuan kuat untuk menetralisir racun di tubuh
  2. Sumber nutrisi makanan untuk menjaga kesehatan kulit
  3. Membantu pertumbuhan sel baru yang lebih aktif di dalam tubuh
  4. Menyeimbangkan energi di tubuh dan meningkatkan kekebalan
  5. Menjaga kesehatan paru-paru

Kandungan nutrisi di dalam sarang burung walet di antaranya protein, karbohidrat, air, kimia organik, lemak, protein ovotransferrin, asam amino, leusine, fosfor, kalium, natrium, dan serin. Sarang walet juga memiliki nutrisi yang sangat berguna bagi pembelahan sel, pertumbuhan sel, serta regenerasi sel.

 

 

Sumber artikel di atas situs web drhealthbenefits.com

Sumber foto: hellonest.wordpress.com dan go-dok.com

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan