Inspirasi Bisnis Aneka Olahan Jamur Tiram

Olahan jamur semakin digemari masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang lezat, juga terdorong oleh kesadaran akan manfaat jamur bagi kesehatan. Terutama jarum tiram, keunggulan rasanya yang lebih sedap dan gurih dibandingkan dengan rasa jamur jenis lainnya. Permintaan pasar juga terus meningkat sehingga prospek bisnis olahan jamur semakin menjanjikan.

Hal ini bisa jadi peluang besar bagi Anda untuk berbisnis olahan jamur tiram. Olahan ini dibuat melalui proses pembuatan dari resep tertentu dengan penambahan bahan lain sehingga berbentuk makanan lain yang langsung siap disajikan atau tidak perlu dimasak terlebih dahulu. Salah satunya ialah olahan dalam kemasan, seperti keripik jamur, abon jamur, dan dendeng jamur.

Pengolahan jamur dalam kemasan bisa diproduksi dalam skala kecil maupun besar. Pemasarannya bisa menjangkau lebih luas karena lebih tahan lama. Produk olahan jamur kemasan dapat dijual di beberapa outlet snack, toko, pasar modern, pasar tradisional, atau dijajakan langsung. Bahkan, sangat memungkinkan jika Anda hendak membuka pasar ekspor, seperti ke negara-negara Timur Tengah atau Asia Tenggara.

Sebelum Anda memulai bisnis olahan jamur tiram, Ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan agar roda bisnis berjalan optimal. Tahap yang paling mendasar ialah terlebih dahulu fokus pada cara pengelolaan usaha. Di antaranya, memilih jenis pelanggan yang akan dibidik agar tepat sasaran, baik dari harga, bentuk kemasan, maupun sistem distribusinya. Hal ini bisa ditentukan berdasarkan faktor geografis dan faktor demografis.

Selain itu, Anda juga mesti mampu menonjolkan keunggulan produk (diferensiasi) yang ditawarkan agar bisa bersaing. Buatlah produk Anda menjadi berbeda secara positif dibandingkan produk-produk lainnya yang beredar di pasaran. Untuk menentukannya, dimulai dengan perbedaan bentuk, feature, gaya atau style, hingga perbedaan pada rancangan. Diferensiasi ini bisa ditingkatkan lagi dengan sistem pelayanan, mempekerjakan orang yang lebih ahli daripada pesaing, dan menciptakan citra yang baik dari persepsi konsumen.

Mungkin Anda bertanya, seberapa besar keuntungan bisnis olahan jamur tiram? Contohnya, untuk usaha olahan keripik jamur tiram, dalam kapasitas produksi dengan perputaran modal 20 juta rupiah per bulan, keuntungannya mencapai 5 juta rupiah lebih setelah dipotong untuk gaji pegawai. Modal dan keuntungannya variatif, tergantung jenis usaha yang dijalankan. Jika manajemen dan pasarnya lebih berkembang lagi, tentu kapasitas produksinya bisa meningkat dengan keuntungan berlipat pula.

Jika Anda tertarik atau penasaran dengan usaha olahan jamur tiram ini, Anda bisa mendapatkan pembahasannya secara lengkap dalam buku Untung Menggunung dari Bisnis Olahan Jamur terbitan AgroMedia Pustaka. Buku ini akan memaparkan aneka peluang bisnis olahan jamur tiram yang memiliki potensi untuk berkembang, minimal sebagai inspirasi bagi Anda yang ingin atau telah terjun dalam bisnis makanan olahan.

Yuyun A. sengaja menyusun buku ini secara praktis agar setiap orang bisa dengan mudah memahami dan mengaplikasikannya di lapangan. Penulis secara bertahap menjelaskannya yang dimulai dengan pembahasan mengenali prospek usaha jamur tiram olahan sehingga Anda bisa mengerti letak potensinya dengan jelas. Kemudian, ia membahas trik cerdas dalam memulai usaha, kiat inspiratif usaha olahan jamur tiram dengan desain kemasan yang menarik.

Pada bab berikutnya, baru dijelaskan secara sistematis tentang aneka usaha olahan jamur tiram, mulai dari usaha olahan jamur tiram dalam kemasan (abon, keripik, bakso, nuget, dan es krim jamur), usaha olahan jamur tiram siap saji (satai rasa daging dan ayam serta jamur crispy ala franchise), hingga usaha olahan jamur tiram untuk vegetarian (burger jamur, ayam filet jamur, dan nuget jamur).

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan analisis usaha atau asumsi biaya, penjualan, dan keuntungannya pada kisaran modal tertentu dari setiap jenis usaha, lampiran alat pembuatan produk olahan jamur tiram, dan berupa bonus voucher potongan biaya pelatihan serta gratis desain grobak.

Bagikan Artikel Ini:

Tinggalkan Balasan