Strategi Jitu Membangun Home Industri Jajanan dan Lauk

19-inspirasi-jajanan-lauk-favorit

19-inspirasi-jajanan-lauk-favorit

Apa menurut perkiraan Anda ketika lapangan pekerjaan semakin sempit? Jawabannya mungkin variatif. Namun, menurut hemat kami bahwa membangun usaha sendiri merupakan solusi terbaik ketika lapangan pekerjaan tidak bersahabat lagi. Salah satu segmen yang paling mudah terjangkau ialah membangun usaha jajanan populer dan lauk favorit skala rumah tangga (home industry).

Keunggulan usaha ini tidak membutuhkan modal besar, kegiatan manajerial dapat dikendalikan secara langsung, mudah dilakukan, dan rendahnya risiko kerugian. Anda hanya perlu menyiapkan strategi yang baik dan tepat agar usahanya berbuah sukses. Ada beberapa strategi jitu yang mesti diterapkan sebelum Anda memulai usaha home industry. Di antaranya sebagai berikut.

Pertama, memahami kondisi pasar. Kondisi ini meliputi persaingan usaha, tren yang sedang berkembang, karakter usaha, dan cara memasuki pasarnya. Misalnya, tren yang sedang membanjiri pasar sekarang ini ialah lauk siap saji karena dianggap lebih praktis oleh konsumen.

Kedua, menciptakan perbedaan unik pada produk agar mudah diingat untuk menonjolkan usaha kita di tengah banyaknya usaha kuliner.

Ketiga, menghitung target pasar yang akan digarap untuk perencanaan perluasan usaha. Target yang jelas berkaitan erat dengan jumlah investasi dan biaya yang akan dikeluarkan. Usaha bisa dilakukan dengan skala kecil, dimulai dengan pembukaan beberapa unik produksi dahulu.

Keempat, menghitung target penjualan. Misalnya, apakah untuk pasar tradisional, pasar modern, atau usaha lain.

Kelima, cari lokasi penjualan yang tepat untuk mendekati pembeli potensial.

Keenam, memahami cara pembuatan produk dengan baik. Prosesnya dibuat secara terukur dan terstandar dengan baik sehingga seragam bentuk, warna, rasa, dan penampilannya. Perubahan produk akan menimbulkan keraguan bagi konsumen.

Ketujuh, lakukan promosi pengenalan produk. Di antaranya dengan memberikan icip-icip kepada konsumen, menyebar brosur, dan mengundang beberapa teman untuk menikmati jajanan dan lauk yang dijual.

Selanjutnya, produk apa saja yang bisa diandalkan? Nah, buku 19 Inspirasi Bisnis Jajanan Populer & Lauk Favorit terbitan AgroMedia Pustaka akan membantu Anda mengetahui berbagai jenis produk andalan dan sisi prospeknya. Buku ini dapat dijadikan panduan praktis dan jurus jitu, terutama bagi pemula untuk menjalankan usaha, solusi tepat untuk menghindari persaingan usaha yang tidak sehat, dan menjadi inspirasi cerdas untuk menemukan usaha yang paling realistis dan minim modal untuk dijalankan.

Tidak hanya itu, di dalam buku yang disusun oleh Yuyun Anwar ini dijelaskan pula tentang ide kreatif pada setiap produk andalan yang akan dijalankan, resep setiap produk, peralatan yang dibutuhkan, serta analisis usaha atau estimasi perhitungan biaya produksi, pendapatan, dan keuntungan pada setiap produk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.