Ir. Suhut Simamora, MS.

Ir. Suhut Simamora, MS. lahir di Dolok Sanggul tanggal 7 Maret 1943. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di kota kelahirannya, sebelum hijrah ke Bogor.  Pendidikan SI diselesaikan di Institut Pertanian Bogor. Demikian juga dengan program masternya (S2).

Segudang pengalaman telah diperoleh penulis dari kursus di bidang AMDAL; menyusun kebijakan tentang analisis dampak lingkungan perairan (DAS) daerah Bekasi, Provinsi Jawa Barat; serta pembimbing skripsi dan karya ilmiah mahasiswa. Selain itu, penulis juga banyak melakukan penelitian, terutama tentang pemanfaatan limbah peternakan. Aktif melakukan pelatihan dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pernah menjadi narasumber LSM dan Balai Penelitian di Bidang Peternakan dan Pemukiman Masyarakat.

Pelatihan yang pernah dilakukan penulis adalah pelatihan hasil ikutan ternak, pelatihan masyarakat petani dan peternak dalam pembuatan pupuk kompos organik secara cepat, pelatihan pengolahan limbah menjadi biogas, serta jenis pelatihan lainnya. Saat ini, menjabat sebagai Kepala Laboratorium Teknologi Hasil Ternak, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, IPB.

Bukunya yang diterbitkan AgroMedia Pustaka:
 – Membuat Biogas Pengganti Bahan Bakar Minyak & Gas dari Kotoran Ternak
 – Meningkatkan Kualitas Kompos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.