Kualitas Air Mendukung Pertumbuhan Lele Dumbo?

Beternak lele dumbo hasilnya memang menggiurkan. Karena saat ini lele sudah populer dan menjadi makanan kegemaran banyak orang. Dengan begitu, permintaan kebutuhan lele pun semakin meningkat, sehingga para pembudidayanya bisa memetik keuntungan yang sangat besar dari usaha tersebut.

Jika Anda tertarik untuk mulai usaha budidaya lele dumbo ini, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar usaha tersebut berjalan lancar. Salah satunya adalah memerhatikan sumber dan kualitas air yang diperlukan lele dumbo.

Kualitas air sangat mendukung pertumbuhan lele dumbo. Oleh karena itu, air yang digunakan untuk kolam budidayanya harus banyak mengandung mineral, zat hara, serta tidak tercemar oleh racun atau limbah rumah tangga dan industri. Air yang baik untuk pertumbuhan lele dumbo adalah air bersih yang berasal dari sungai, air hujan, dan air sumur. Selain itu, ketersediaan pakan alami di dalam air juga harus diperhatikan.

Pemanfaatan sumber air harus dikelola dengan baik, terutama untuk kuantitas (volume) dan kualitas (mutu). Suhu air harus selalu disesuaikan dengan yang diinginkan lele dumbo, yakni 250–320 C. Namun, kadang-kadang suhu air berubah-ubah mengikuti perubahan suhu lingkungan sekitar lokasi ternak. Untuk itu, saat cuaca panas, tinggi air ditingkatkan 10–20 cm. Sementara itu, jika cuaca dingin, tinggi air diturunkan dengan nilai yang sama.

Kadar oksigen air yang dibutuhkan lele dumbo sekitar tiga ppm. Namun, ketersediaan kadar oksigen tidak begitu berpengaruh karena lele dumbo bisa mengambil oksigen langsung dari udara. Sementara itu, kandungan karbondioksida (CO2) air harus di bawah 15 ppm, kandungan NH3 harus di bawah 0,005 ppm, kandungan NO2 sekitar 0,25 ppm, dan kandungan NO3 sekitar 250 ppm.

Sumber dan kualitas air yang baik bagi lele dumbo ini diungkapkan Redaksi Agromedia Pustaka dalam buku Beternak Lele Dumbo. Dalam buku tersebut, Redaksi Agromedia juga memaparkan secara lengkap cara pembenihan, pendederan, pembesaran, dan penganggulangan hama serta penyakit pada lele dumbo. Selain itu, buku ini sangat cocok bagi Anda yang ingin terjun ke usaha pembudidayaan lele dumbo karena dilengkapi dengan analisis usahanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.