Kunci Sukses Budi Daya dan Bisnis Ikan Gurami

buku-budidaya-bisnis-guramiBudi daya ikan gurami merupakan usaha sektor perikanan yang tidak pernah sepi peminat. Ikan asli perairan Indonesia ini memiliki daya tarik istimewa, baik bagi konsumen maupun kalangan pembudidaya ikan. Permintaan pasar gurami ukuran konsumsi terus meningkat dari waktu ke waktu.

 


Di Jabodetabek saja, kebutuhan ikan gurami tidak kurang dari 22.5 ton per hari. Padahal, harga jual ikan gurami menempati urutan teratas di antara ikan air tawar lainnya. Pasalnya, ikan gurami memiliki cita rasa yang enak dan gurih sehingga masyarakat Indonesia sangat menyukai ikan tawar besar ini.

Belum juga permintaan pasar domestik tercukupi, gurami sekarang malah memiliki peluang pasar baru, yaitu pasar luar negeri (ekspor). Pasar internasional mengincar ikan gurami dari Indonesia karena karakteristiknya memenuhi persyaratan untuk konsumsi pasar internasional. Tekstur daging, kelezatan, kandungan gizi, dan kualitasnya telah diakui dunia internasional.

Jika Anda jeli, tentu peluang emas ini bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Anda bisa meniti pembudidayaan gurami untuk menjemput pasar yang masih kekurangan pasokan gurami. Pembudidayaannya pun relatif mudah, karena dapat hidup di sembarang tempat, sekalipun di perairan yang memiliki kadar oksigen rendah.

Namun kemudahan tersebut tidak lantas semuanya bisa sukses semudah membalikkan tangan. Anda perlu mengetahui berbagai hal seputar karakteristik dan jenis ikan, teknik budi daya, baik penyiapan media budi daya, perawatan, pemberian pakan, hingga pemanenan. Semuanya tetap harus melalui prosedur standar yang baik dan benar.

Nah, kini AgroMedia Pustaka menerbitkan “Buku Pintar Budi Daya & Bisnis Gurami” yang akan membantu Anda membudidayakan gurami secara baik dan benar untuk mencapai hasil maksimal dengan waktu lebih cepat.

Buku yang ditulis oleh Ir. Yusuf Bachtiar ini mengupas tuntas budi daya ikan gurami dari banyak sisi. Mulai dari cara memulai usaha budi daya, teknis budi daya, hingga bisnis gurami saat ini. Pengembangan budi daya gurami dalam buku karya pakar ikan konsumsi ini dilakukan secara berjenjang untuk mengatasi lamanya pembesaran gurami.

Selain itu, dibahas juga mengenai pembudidayaan gurami dalam beberapa pilihan lokasi atau kolam, seperti kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, dan akuarium. Dengan disertai CD video budi daya, tentu saja buku ini menjadi lebih mudah dipelajari. Alhasil, buku ini menjadi kunci sukses budi daya dan bisnis ikan gurami bagi Anda.  Selamat berkarya!

 

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan