Rahasia Sukses Bertanam Sayuran dan Buah

tip-bertanam-16sayuran-buah

tip-bertanam-16sayuran-buahAlangkah senangnya jika tanaman kita tumbuh subur dan berbuah lebat. Warna hijau daunnya memancarkan kesejukan bagi setiap mata yang melihatnya. Selain itu, merupakan tanda kesuksesan Anda yang telah mengolah dan merawatnya sehingga memperoleh kepuasan tersendiri.

Kendala tanah atau lahan yang sekarang banyak dialami masyarakat, kini tidak lagi jadi masalah. Pasalnya, sayuran dan tanaman buah, selain bisa ditanam di lahan perkebunan, juga bisa ditanam di lahan sempit sekalipun, yaitu dengan sistem tabulampot atau hidroponik.

Bagaimana dengan hasilnya? Dengan teknik penanaman dan perawatan yang benar sesuai jenisnya, keduanya bisa menghasilkan panen yang sama-sama berkualitas. Teknik ini menjadi kunci kesuksesan seseorang ketika bertanam sayuran atau tanaman buah.

Contohnya, ketika menyiapkan media tanam, tanah harus memiliki unsur hara ideal sesuai kebutuhan tanaman yang kita tanam. Pengairan juga mesti mendapatkan porsi seimbang agar tanaman tidak kekeringan atau terlalu lembap.  

Selain itu, bibit juga sangat berpengaruh sekali terhadap kelangsungan kualitas tanaman. Jika bibitnya berasal dari indukan berkualitas, tentu tanaman yang dihasilkan akan memiliki turunan baik pula sebagaimana induknya. Oleh sebab itu, hal ini sangat penting diketahui oleh petani tentang karakteristik indukan dan bibit yang berkualitas.

Sering kita menemukan tanaman-tanaman buah, baik di pekarangan maupun di areal perkebunan, tanaman tersebut tidak kunjung berbuah. Padahal kita sudah menunggu sekian tahun untuk menikmati hasilnya. Belum lagi dengan tenaga dan biaya yang sudah dikeluarkan, sehingga kekecewaan pun bertambah. Tentu Anda juga tidak mau mengalami hal seperti ini.

Nah, bagaimana solusinya agar tanaman buah dan sayuran tumbuh sesuai harapan kita? Redaksi AgroMedia akan membantu Anda melalui tip dan teknik-teknik tertentu yang akan membimbing Anda dalam bertanam sayuran dan buah, yaitu dengan menyusun buku “Tip Jitu Bertanam 16 Tanaman Buah & Sayuran”.

Buku terbitan AgroMedia Pustaka ini memberikan solusi atas berbagai permasalahan seputar tanaman buah dan sayuran, mulai dari tip memilih jenis dan bibit tanaman unggul, teknik perbanyakan tanaman buah, tip memilih dan menyiapkan media tanam, teknik merangsang pertumbuhan buah, teknik pemupukan, teknik pemeliharaan dan pengendalian hama serta penyakit, hingga pemanenan. Selai itu, buku ini disajikan dalam format tanya jawab sehingga Anda bisa lebih mudah memahaminya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.