Kusman Lim Cie Wie

Kusman Lim Cie Wie Lahir tanggal 22 Juni 1971 di Selatpanjang, Riau. Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas di kampung halamannya, ia melanjutkan studi di Universitas Bina Nusantara (d/h STMIK Bina Nusantara) dan meraih gelar Sarjana Komputer pada tahun 1995. Saat ini, ia berkarier di bagian IT sebuah perusahaan farmasi asing.

Maraknya lobster air tawar di Indonesia membuat penulis tertarik untuk mencoba membudidayakan udang ini. Dengan berbekal artikel dan informasi dari internet, serta konsultasi dengan pakar lobster air tawar di Australia, penulis mencoba membuka usaha budi daya lobster ini di rumahnya. Dan usaha yang dijalani sejak 2003 ini terbilang sukses. Hanya dengan lahan yang ada di sekitar rumahnya, ia bisa mendapat tambahan penghasilan yang lumayan besar. Dengan keberhasilan ini, penulis ingin berbagi pengalaman dengan masyarakat Indonesia.

Keinginan ini selanjutnya dituangkan dalam situs www.budidayalobsterairtawar.com yang dikelolanya. Situs ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi mereka yang akan memulai usaha budi daya lobster air tawar. Saat ini, penulis juga diberi kepercayaan oleh pemilik milist Crayfish Indonesia untuk memoderasi milist tersebut. Selain itu, untuk menjembatani para peternak, baik pembenihan maupun pembesaran, penulis bersama beberapa pemerhati lobster air tawar mendirikan Koperasi Peternak Lobster Air Tawar Indonesia (KOPLATI), dan kini ia menjabat sebagai wakil ketua untuk periode 2006-2009.

Buku yang ditulis sebagai salah satu wujud dedikasinya untuk perkembangan lobster air tawar ini merupakan karya perdananya yang diterbitkan AgroMedia Pustaka. Penulis juga memberikan konsultasi dan pelatihan kepada yang akan memulai usaha budi daya lobster air tawar.


Bukunya yang diterbitkan AgroMedia Pustaka:
 – Pembenihan Lobster Air Tawar, Meraup Untung dari Lahan Sempit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.