Lebih Dekat dengan Tanaman Organik

organik7

organik7Jumat siang, (09/07), stand AgroMedia Pustaka terlihat segar dengan adanya tanaman yang menggantung di sebuah tiang dan meja. “Ini bayam, kan?” ucap salah satu pengunjung memastikan. Ya, di klinik bertanam sayuran organik inilah para pengunjung Pesta Buku Jakarta 2010 dapat melihat sayuran ditanam di dalam pot.

organik6Tidak dipungkiri, adanya sayur-sayuran yang terdapat di dalam wadah atau pot kecil menarik perhatian tersendiri bagi para pengunjung. Mereka pun penasaran dengan klinik yang dibawakan oleh Topan Nixon (Redaksi AgroMedia) dan Benny Sanusi (penulis buku Sukses Bertanam Sayuran di Lahan Sempit).

Pada kesempatan kali ini, Benny yang telah sukses menanam sayuran organik di lahan terbatas ini mengajak para pengunjung Pesta Buku Jakarta 2010 untuk mulai memilih sayuran organik.

“Organik merupakan alternatif makanan sehat,” kata Benny saat menjelaskan mengapa kita harus memilih organik. “Bahan kimia berdampak serius bagi kesehatan,” tambahnya.

Setelah pria berkacamata ini menjelaskan pentingnya organik bagi kesehatan, ia pun menjelaskan tahapan-tahapan membuat kompos alami dari sisa-sisa sayur-mayur dan lauk-pauk di rumah.

organik4“Sampah rumah tangga, seperti bekas sayuran, kulit telur, atau pun tulang ikan itu berguna untuk membuat kompos. Setelah pot dilapisi koran, masukkan saja semua sampah itu ke dalam pot, lalu timbun dengan tanah,” katanya.

Acara yang berlangsung selama lebih dari dua jam ini terus saja mengundang banyak perhatian pengunjung. Tidak hanya ibu-ibu, anak muda pun terlihat begitu antusias bertanya seputar tanaman organik ini. Mereka juga tidak sungkan untuk memberitahukan kendala atau masalah yang mereka hadapi saat mencoba bertanam sayuran.

Selain mendapatkan banyak pengetahuan dan manfaat, para pengunjung yang bertanya pun mendapatkan merchandise berupa paket buku dari AgroMedia Pustaka, bibit bayam, dan macam-macam sayuran organik yang telah disediakan oleh Benny.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.